Pemandian Cibulan, Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan

Pemandian Cibulan, Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan

Daftar Isi

Berita Warganet – Pemandian Cibulan, Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan. Berenang merupakan aktivitias yang seru. Tapi bagaimana jika aktivitas ini dilakukan bersama dengan ikan-ikan yang dikeramatkan. Tentu ini menjadi pengalaman yang menyenangkan sekaligus mengasyikan.

Inilah yang bisa Sobat temukan di objek wisata pemandian Cibulan yang terdapat di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan. Tidak hanya berenang, Sobat juga akan mengenal ikan dewa yang dianggap keramat secara lebih dekat.

Di dalam tempat wisata ini terdapat dua kolam renang besar berbentuk persegi panjang. Kolam pertama berukuran 35×15 meter persegi dengan kedalaman sekitar 2 meter. Sedangkan kolam renang kedua berukuran 5×15 meter persegi dibagi menjadi dua bagian.

Baca Juga : The Mountain Recreation Park, Rekomendasi Wisata di Kuningan

Segmen pertama sedalam 60 cm dan yang kedua sedalam 120 cm. Kedua kolam ini masih habis setiap dua minggu atau lebih. Tergantung seberapa bersih airnya.

Setiap kolam adalah rumah bagi puluhan spesies ikan abu-abu-hitam yang dikenal sebagai kancra bodas atau angelfish (Tor douronensis). Ukurannya bervariasi dari 20 cm hingga 1 meter.

Baca Juga :  Terungkap! Akhirnya Masa Depan Mclaren F1 Terkuak!

Ikan dewa merupakan jenis ikan yang disakralkan oleh masyarakat desa Manis Kidul karena dipercaya memiliki keistimewaan tertentu.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Wisata di Kuningan, Terbaik Populer 2022

Meskipun semua kolam adalah rumah bagi puluhan kancra bodas atau dewa ikan, kolam Cibulan tetap terbuka sebagai kolam pemandian umum.

Tempat rekreasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas mandi khas seperti tempat ganti baju, 6 toilet dan 2 kamar mandi untuk bilas setelah berenang.

Obyek Wisata Pemandian Cibulan
Obyek Wisata Pemandian Cibulan

Selain kolam angelfish yang dijinakkan, di sudut barat pemandian ini terdapat tujuh mata air suci yang disebut Seven Wells. Ketujuh sumber tersebut berupa DAS-DAS kecil yang masing-masing memiliki nama sendiri, yaitu: Sumur Kemuliaan, Sumur Kemuliaan, Sumur Penerimaan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. Dari tujuh sumur tersebut, ada satu sumur yang berisi kepiting kuning, yaitu sumur Cirancana.

Baca Juga :  Rayakan Hari Lahir Tanah Bumbu yang ke-19, dengan Twibbon

Baca Juga : Hutan Kota Bungkirit, Rekomendasi Wisata Alam di Kuningan

Jika seseorang cukup beruntung melihat bentuk kepiting emas, semua keinginannya akan terkabul. Tujuh mata air terletak di sekitar petilasan yang diyakini sebagai sisa-sisa Raja Siliwangi saat ia beristirahat dalam perjalanan kembali dari perangnya melawan Kesultanan Mataram.

Petilasan hadir dalam susunan batu seperti menhir dan dua arca macan bergaris (melambangkan kebesaran Raja Agung Pajajaran). Tujuh sumur dan candi Prabu Siliwangi sering dikunjungi para peziarah, terutama pada malam Jumat Kliwon atau pada bulan Maulud dalam penanggalan Hijriah.

Baca Juga : Logo Kabupaten Kuningan PNG, Download Lambang Gambar HD

Mereka percaya bahwa air dari tempat ini akan membawa berkah dan dapat mengabulkan keinginan mereka. Air Cibulan selalu bersih, jernih, manis dan berlimpah, bahkan di musim kemarau yang panjang.

Oleh karena itu, selain sebagai tempat hiburan, Cibulan juga digunakan sebagai sumber air bagi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kuningan dan digunakan Pertamina untuk memenuhi kebutuhan air minum di dua resortnya, yaitu Padang Golf.

Baca Juga :  Rekomendasi Tempat Wisata Alam Deli Serdang, Terbaik Populer 2022

Ciperna di Cirebon. Dinas Kota dan Wilayah Operasi Hulu Jawa Bagian Barat (DOH JBB) di Klayan, Kabupaten Cirebon. Kolam Cibulan juga menjadi sumber pendapatan warga Desa Maniskidul dengan menjadi PKL atau membuka warung makan di sekitar alun-alun.

Saat ini, terdapat 20 kios permanen di luar kompleks kolam dan 1 pedagang asongan yang resmi diperbolehkan berjualan di dalam kompleks kolam. Mereka terutama menjual minuman ringan dan makanan ringan serta makanan ikan dalam bentuk kacang atom dan ikan wader.

Lokasi Obyek Wisata Cibulan

Apabila Sobat bingung rute terbaik menuju ke obyek wisata pemandian Cibulan, Sobat bisa mengakses peta lokasinya berikut ini untuk mempermudah perjalanan liburan Sobat, Simak lokasi Obyek Wisata Cibulan di bawah ini :

KUNJUNGI

Tentang Hari Jadi Kabupaten Kuningan :