Penerapan TIK dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Berita Warganet – Penerapan TIK dalam Berbagai Bidang Kehidupan. Hampir semua orang dapat merasakan dampak kemajuan teknologi. Apa jadinya jika saat ini tidak ada televisi, telepon, dan komputer? Manfaat utama dari teknologi informasi dan komunikasi adalah untuk mempercepat dan memudahkan proses komunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan elemen penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Teknologi informasi telah menjadi fasilitas utama bagi kegiatan berbagai sektor kehidupan karena memberikan kontribusi besar terhadap perubahan– perubahan yang mendasar pada struktur operasi dan manajemen organisasi, pendidikan, trasportasi, kesehatan, dan penelitian.

Oleh karena itu diperlukan peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) TIK, mulai dari keterampilan dan pengetahuan, perencanaan, pengoperasian, perawatan dan pengawasan, serta peningkatan kemampuan TIK para pimpinan di lembaga pemerintahan, pendidikan, perusahaan, UKM (usaha kecil menengah) dan LSM sedini mungkin. Sehingga pada akhirnya akan dihasilkan output yang sangat bermanfaat baik bagi manusia sebagai individu itu sendiri maupun bagi semua sektor kehidupan. Peningkatan kualitas hidup semakin menuntut manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang dibutukan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya.

Teknologi Informasi dan Komunikasi yang perkembangannya begitu cepat secara tidak langsung mengharuskan manusia untuk menggunakannya dalam segala aktivitasnya. Bahkan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, seseorang yang memiliki keterbatasan fisik pun dapat meningkatkan kualitas hidupnya. Misalnya, orang yang menyandang tuna netra dapat mengoperasikan komputer, mengakses Internet, mengarang lagu,bahkan menulis sebuah buku. Berikut ini akan diuraikan beberapa penerapan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, yaitu dalam bidang industri, dunia bisnis, sektor perbankan, pendidikan, dan kesehatan.

Baca Juga :  Cara Memulihkan Kontak Yang Terhapus di Android

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Bidang Industri

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi banyak digunakan di dunia industri. Kebutuhan efisiensi waktu dan biaya menyebabkan setiap pelaku usaha merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerja.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi menyebabkan perubahan pada kebiasaan kerja. Misalnya, penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan, cara lama kebanyakan membutuhkan waktu lama dan kurang efektif dalam mengatur manajemen perusahaan.

Penggunaan alat-alat digital, juga sangat mempengaruhi hasil produksi dari suatu perusahaan. Penggunaan alat atau sistem digital, jika tidak diimbangi dengan kualitas sumber daya manusia yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta dapat menerapkan pengetahuannya pada perusahaan tidak akan memperoleh hasil yang maksimal. Oleh sebab itu, perusahaan biasanya mencari karyawan yang memiliki kemampuan dalam bidangnya serta teknologi informasi dan komunikasi.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis Teknologi Informasi dan Komunikasi di antaranya dimanfaatkan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai ECommerce. E-Commerce adalah perdagangan menggunakan jaringan komunikasi internet. Barang atau jasa biasanya dibuat katalognya dan ditawarkan lewat situs yang dibuat secara khusus. Jika ada konsumen berminatpada suatu benda atau jasa, mereka dapat membeli dengan layanan kartu kredit atau weselpos jika ingin membayar secara kontan. Setelah itu barang akan dikirim ke tempat konsumen. Penjualan seperti ini disebut penjualan secara online. Pada penjualan ini, penjual dan pembeli biasanya tidak bertatap muka.

Baca Juga :  Cara Cek Sisa Penyimpanan Google Dengan Mudah

Keuntungan yang diperoleh, pembeli tidak harus kemana-mana untuk membeli suatu barang atau jasa sehingga lebih praktis dan menghemat waktu. Namun, kerugiannya hal ini rentan akan penipuan.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Perbankan

Dalam dunia perbankan, penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi di antaranya adalah transaksi perbankan lewat mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM). Dengan adalnya mesin ATM yang tersebar, memudahkan nasabah untuk melakukan aktivitas perbankan tanpa harus pergi ke bank yang bersangkutan. Seperti cek saldo, penarikan tunai, membayar tagihan listrik atau telpon, dan transfer uang semua dapat dilakukan di ATM. Selain daripada itu, saat ini bank lebih memudahkan nasabahnya untuk melakukan aktivitas perbankannya tanpa harus pergi kemana-mana bahkan ke ATM sekalipun. Layanan seperti ini dikenal dengan Internet Banking. Semua aktivitas perbankan dapat dilakukan melalui internet.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan

Teknologi pembelajaran terus mengalami perkembangan seiring perkembangan zaman. Misalnya, di setiap sekolah telah menyediakan laboratorium bahasa dan komputer sebagai alat praktikum ilmu teknologi informasi dan komunikasi. Di dalam laboratorium tersebut tentu saja menggunakan alatalat yang berhubungan dengan teknologi informasi dan komunikasi seperti komputer yang dilengkapi jaringan LAN (Local Area Network) dan Internet, serta alat audio dan visual lainya. Staf tata usaha pun telah menggunakan sistem database dalam menghimpun data siswa dan guru.

Baca Juga :  5 Aplikasi Kamera Selfie Terbaik Untuk Android

Dengan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, memungkinkan kamu untuk belajar dengan didampingi guru yang berada sangat jauh, bahkan berada di luar negeri sekalipun. Sistem seperti ini disebut dengan long distance learning. Long distance learning biasanya dilakukan dengan menggunakan teknologi internet karena Internet adalah alat teknologi informasi dan komunikasi yang murah dan mudah secara global sehingga kamu dapat melakukan long distance learning dengan mudah dan murah tanpa harus pergi kemana-mana. Long distance learning dengan menggunakan media elekronik seperti internet ini biasanya disebut e-learning. Dari internet, selain membantu kamu untuk menambah pengetahuan dan mencari bahan-bahan untuk tugas dari guru, kamu juga dapat memperoleh informasi beasiswa dari sekolah atau universitas di seluruh dunia.

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Bidang Kesehatan

Dalam bidang kedokteran, kamu dapat menemukan banyak sekali penerapan teknologi informasi dan komunikasi, dari alat-alat kedokteran yang menggunakan sistem digital sehingga dapat mendiagnosis parameter suatu penyakit dengan lebih akurat. Rumah sakit telah mengunakan sistem berbasis kartu cerdas (smart card). Smart Card adalah catatan yang digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit.

Selain itu, di rumah sakit besar dengan alat-alat yang lengkap telah menggunakannya robot untuk membantu proses operasi pembedahan serta penggunaan komputer hasil pencitraan tiga dimensi untuk menunjukkan letak tumor dalam tubuh pasien.