22 April Hari Bumi

Tak Banyak Yang Tahu! 22 April Hari Bumi

Tak Banyak Yang Tahu! 22 April Hari Bumi Internasional – Ternyata hari ini adalah hari yang spesial bagi planet biru tercinta kita loh. Ya, Hari ini adalah Hari Bumi yang dirayakan oleh bayak orang di berbagai penjuru dunia. Perayaan ini sudah berlangsung kurang lebih selama 50 tahun terakhir.

Mungkin setelah mengetahui ini, sobat warganet akan semakin peduli dengan kondisi Bumi kita tercinta dan ikut mempromosikan kesadaran akan lingkungan. Isu perubahan lingkungan memang menjadi hal serius yang semakin di perhatikan baik oleh para ilmuwan terkemuka, aktivis lingkungan bahkan sampai dengan politisi yang semakin menyadari pentingnya menjaga kelestarian alam.

Dan sebagai bagian dari Bumi ada baiknya kita juga ikut Andil dengan cara sederhana. Kita dapat hidup dengan berbagai hal lebih ramah lingkungan, namun bukan hanya setiap tanggal 22 April saja ya! Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk dapat menjaga lingkungan hidup seperti pengomposan, daur ulang, penggunaan kembali, penghematan bahan bakar, menyelamatkan penyu atau hewan yang terancam punah ataupun cara paling sederhana dengan membuang sampah pada tempatnya.

Baca Juga Twibbon Hari Bumi 2021, Gratis dan Mudah

Sejarah Hari Bumi

Hari bumi pertama kali tercetus pada tahun 1969. Pada saat itu Gaylord Nelson, seorang Senator Amerika Serikat menyaksikan efek tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, CA.

Dengan kejadian tersebut, Nelson menyerukan kepada semua orang Amerika untuk mengambil sikap terhadap kesadaran lingkungan pada tahun 1970. Setelahnya, ribuan perguruan tinggi dan universitas di seluruh Amerika Serikat mengorganisir sebuah protes yang mengkampanyekan Bumi yang sehat dan berkelanjutan.

Baca Juga :  Link Download Countdown Idul Fitri 2021 Format PPT Gratis

Merka memprotes beberapa hal seperti polusi udara dari pabrik dan jalan raya, serta hilangnya habitat hewan dan kepunahan hewan. Demonstrasi nasional ini, membantu dan menjadi dasar pembentukan Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat dan Udara Bersih, Air Bersih, dan Spesies yang Terancam Punah menjadi undang-undang.

Baca Juga : Daftar Shortcut Keyboard WhatsApp Lengkap! Sudah Tahu?

Sebagai salah satu bagian dari bumi, sudah sepantasnya kita memiliki kekhawatiran yang sama akan kelestarian lingkungan. Ada berbagai macam masalah lingkungan yang harus menjadi pehatian kita selain tumpahan minyak. Masalah lingkungan yang saat ini kita hadapi contohnya adalah meningkatnya bencana alam, cuaca ekstrem, dan kenaikan suhu global. Berbagai hal yang terlihat mustahil untuk dicegah.

Sobat Berita warga mungkin masih ingat tentang beragam berita tentang rusaknya terumbu karang, binatang baik di darat maupun dilaut dengan sampah plastik di perutnya. Belum lagi masalah banjir dan sampah yang tak pernah ada habisnya. Polusi udara yang berasal dari asap pabrik atau kendaraan. Siapa lagi kalau bukan kita sendiri pelakunya. Pelaku yang telah membuat bumi kita ‘sekarat’. Namun tindakan kecil, seperti memungut sampah di trotoar dan membuangnya di tempat yang benar, adalah salah satu langkah penting yang bisa kita ambil dalam menuju perubahan yang lebih besar.

Baca Juga 5 Fakta Tentang Hari Bumi Yang Akan Memukau Anda

Apa yang bisa dilakukan untuck memperingati Hari Bumi?

Anda dapat mengikuti kampanye dengan berbagai cara. kunjungi peta interaktif global di situs web Earth Day Networks. Sobat warganet akan menemukan banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendukung kelestarian planet kita, dan banyak cara untuk terhubung secara lokal dengan komunitas Anda pada Hari Bumi. Dan yang terpenting adalah apa yang bisa Anda lakukan untuk bumi? Beberapa kegiatan ini dapat Anda lakukan untuk melestarikan bumi

Baca Juga :  Daftar Nama Kabupaten dan Kota di Indonesia, Lengkap di 34 Provinsi

Cara Sederhana Menjaga Kelestarian Lingkungan

Kurangi pemakaian karbon

Alih-alih mengemudikan kendaraan bermotor pribadi baik motor ataupun mobil, Anda dapat mengajak teman yang memiliki 1 arah tujuan dan mengurangi pemakaian bahan bakar. Walaupun sederhana hal ini berarti Anda telah mengurangi pemakaian karbon yang merusak lapisan ozon.

Akan lebih baik lagi jika Anda memilih untuk menggunakan transportasi umum, jalan kaki, atau naik sepeda. Bergantung pada cuaca, Selain mengurangi emisi karbon, Anda dapat menikmati perjalanan dengan santai dan lebih menghargai alam lingkungan sekitar.

Gunakan kembali, dan daur ulang

Meskipun mungkin tampak tidak penting dalam skema besar, kebiasaan berbelanja Anda sebenarnya dapat berdampak negatif pada lingkungan kita.

Dengan menggunakan kembali barang yang masih layak pakai mendaur ulang agar lebih berguna akan membuat sumber daya baru tidak digunakan untuk membuat lebih banyak barang. Berkreasilah dengan apa yang ada di sekitar

Baca Juga : 6 Lagu Warkop DKI Ini Bikin Ngakak Abis

Ubah pola makan

Mungkin, Kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa produksi makanan menyumbang seperempat hingga sepertiga dari seluruh emisi gas rumah kaca di seluruh dunia, dan sebagian besar penyebabnya ada pada industri daging.

BBC baru-baru ini melaporkan sebuah penelitian bahwa jika seluruh dunia menjadi vegetarian dan tidak makan daging, maka pada tahun 2050, emisi terkait makanan akan berkurang sekitar 60%. Dan Jika dunia menjadi vegan, emisi akan turun sekitar 70%.

Bumi hanya 1 dan sudah semakin tua. Dengan momentum Hari Bumi ini, mari kita jaga dan lestarikan Planet Biru tercinta kita. Selamat Hari Bumi 22 April 2021