5P Dalam Memasarkan Bisnis Rumahan

5P Dalam Memasarkan Bisnis Rumahan

5P Dalam Memasarkan Bisnis Rumahan – Lima P dalam? Aapa itu 5P? Sobat warganet psatinya penasaran dengan hal ini bukan? 5P tersebut adalah produk, price atau harga, Place atau tempat, promosi, dan people atau orang. Dengan memahami hal ini, kamu bisa secara efektif memahami dan mencapai target pasar untuk bisnis rumahan yang kamu lakukan.

Semakin baik kamu memahami dan menargetkan pasar, semakin efektif menghabiskan waktu dan uang untuk menjangkau mereka. Berfokus pada 5P juga akan membantumu mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak dalam hal pemasaran bisnis yang kamu jalankan. Kali ini kita akan bahas satu persatu.

5P Dalam Memasarkan Bisnis Rumahan

1. Produk

Produk atau layanan apa yang kamu sediakan? Jadilah spesifik. Apa atribut fisik produk atau detail layanan yang Kamu berikan? Jelaskan fitur produk dan layananmu dan bagaimana mereka secara khusus menguntungkan pasarmu.

Baca Juga :  Twibbon Idul Adha 2021, Download Gratis !

Penting juga untuk mengidentifikasi bagaimana produk atau layanan yang kamu tawarkan berbeda dari apa yang ditawarkan pesaingmu. Memahami bagaimana produkmu memecahkan masalah pasar dengan cara yang berbeda dari pesaingmu sangat penting dalam bisnis.

2. Price (Harga)

Berapa harga yang kamu patok untuk produk atau layananmu? Harga tersebut harus cukup untuk menutupi pengeluaranmu dan menghasilkan keuntungan. Harga tersebut juga harus sesuai dengan kemampuan atau kemampuan pasar untuk membeli produkmu. Lakukan riset untuk mengetahui apa yang dibebankan pesaingmu dan cari tahu di mana nilai yang tepat untuk menyesuaikan diri.

3. Place (Tempat)

Di mana produk dan layananmu dijual? Bagaimana produk dan layanan Kamu didistribusikan? Bagaimana kamu akan membawanya ke pelanggan dan klienmu? Misalnya, apakah barang digital tersebut dijual secara online dan dikirim melalui sistem autoresponder? Atau apakah Kamu menggunakan pihak ketiga seperti program dari marketplace seperti Shopee atau Tokopedia ? Kuncinya adalah menjangkau pelanggan potensial di mana calon pembeli ingin menghabiskan waktu mereka.

Baca Juga :  Toyota Yaris Cross Adventure Sudah Hadir, Ternyata Ada Edisi Khususnya Loh

4. Promosi

Metode apa yang akan sobat warganet gunakan untuk memberi tahu calon pelanggan dan klien tentang produk dan layanan yang kamu tawarkan? Untuk melakukan ini, Kamu perlu memahami pasarmu sendiri, termasuk di mana produk dapat ditemukan dan bagaimana kamu bisa membuat pesan pemasaran yang akan ditanggapi oleh pasar. Menunjukkan bagaimana produkmu akan memecahkan masalah pasar adalah titik awal yang baik. Kamu bisa memulainya dengan menggunakan media sosial yang banyak digunakan sesuai dengan targer pasar.

5. People (Orang)

People adalah tambahan dari daftar sebelumnya yang dikenal sebagai empat P pemasaran. Siapa yang membantumu dalam bisnis? Orang-orang dan layanan yang ada dalam bisnis dapat memengaruhi kesuksesanmu. Jika tenaga penjualan atau asisten virtual kurang bersahabat, Tentunya kamu akan mudah kehilangan pelanggan dan klien. Pelanggan memiliki pilihan untuk berbisnis dengan siapa dan mereka lebih memilih perusahaan yang menyediakan sistem yang mudah digunakan, menawarkan layanan pelanggan saat dibutuhkan, dan penuh perhatian serta responsif terhadap kebutuhan mereka. Pelanggan yang senang akan menjadi pelanggan tetap dan akan merujuk bisnis baru .

Baca Juga :  Harga Corolla Cross 2022 Terbaru, Spesifikasi Lengkap dan Interior!

Cara Efektif Menggunakan 5P

Lima P akan membantu Kamu fokus pada apa yang perlu dilakukan dalam pemasaran, dan juga, memberimu petunjuk ketika segala sesuatunya tidak berjalan dengan baik. Misalnya, jika penjualan sedang lesu, Kamu dapat mempertimbangkan apakah harga yang kamu berikan terlalu tinggi atau mungkin sistem pesanan yang tidak jelas.

Seperti aspek lain dari bisnis dan rencana pemasaran Kamu, lima P sangat dinamis. Hal ini berubah dan berkembang dengan kebutuhan pasar. Misalnya, kemajuan teknologi mungkin mengharuskanmu untuk mengubah cara mempromosikan bisnis, yang telah kita lihat dalam pertumbuhan media sosial sebagai metode promosi.

Karena kelima P itu dinamis, Kamu pasti ingin melakukan aktivitas yang membantumu mengetahui apa yang berhasil dan apa yang tidak. Beberapa sumber daya yang dapat membantu Kamu termasuk mempelajari statistik dan analitik situs web Kamu , menyurvei pelanggan Kamu untuk mendapatkan umpan balik, dan menguji efisiensi dan efektivitas berkelanjutan dari sistem penjualan dan pengiriman Kamu.