Cara Melakukan Riset Keyword untuk Blog Anda

Layaknya berperang, kita harus menyiapkan senjata. Senjata untuk melakukan riset adalah alat. Ada banyak alat yang tersedia untuk melakukan penelitian ini. Dalam tutorial ini, kami akan menjelaskan tentang cara melakukan riset keyword yang baik.

Ada banyak tool online hebat, termasuk Wordstream, Ubersuggest, Keywordshitter, dan lainnya. Penggunaan alat untuk mengidentifikasi keyword untuk menganalisis jumlah pencarian agar meningkatkan  persaingan iklan, langsung saja simak caranya.

Menentukan Variasi Keyword

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan keyword utama. Berusahalah untuk membuat catatan. Lebih baik melakukannya di Microsoft Excel. Tentukan satu kata yang menurut anda menarik. Keyword utama yang dimaksud adalah benda yang masih bisa diurai.

Misalnya Bisnis, Internet, Telepon, Komputer, Android, Lenovo dan lain-lain. Setelah menentukan keyword utama, selanjutnya lakukan penelitian terhadap kata apa saja yang mengikuti keyword utama tersebut. Penelitian ini ditujukan untuk jenis keyword lain yang dapat digunakan sebagai ide penulisan.

Caranya: Buka http://keywordtool.io/. Selanjutnya akan muncul form untuk memasukkan keyword. Ketik satu keyword yang ingin anda analisis. Anda juga dapat mengubah data lain, seperti menganalisis Google apakah menggunakan .co.id atau .com serta bahasanya.

Analisis Jumlah Pencarian Keyword

Setelah mengetahui keyword yang bervariasi dari keyword utama. Selanjutnya lakukan analisis menggunakan Google AdWords Keyword Planner. Caranya adalah, buka Google AdWords Keyword Planner. Jika anda belum terdaftar di Google Adwords, silakan daftar terlebih dahulu. Pada tab menu, klik Tools, lalu Keyword Planner.

Ada 4 pilihan yang diberikan. Setiap alat memiliki fungsi yang berbeda. Lebih baik memulai dengan mencari ide keyword yang diinginkan. Setelah form terbuka, masukkan keyword yang ingin dianalisis, misalnya “Bisnis Online” dengan menekan pilihan pertama, dan klik Get Ideas.

Baca Juga :  3 Rekomendasi Hosting Murah Indonesia 2021

Menggunakan Keyword

Karena kita telah menganalisa keyword, maka kita juga mendapatkan ide keyword dan jumlah pencari setiap bulannya. Saatnya mengeksekusi keyword dengan membuat artikel yang menarik. Anda dapat mengembangkan langkah-langkah diatas. Sekian ulasan tentang cara melakukan riset keyword yang baik, semoga bermanfaat.