tahun naga 2024

7 Januari 2024 Hari Apa ?

7 Januari 2024 Hari Apa ? – Tidak dipungkiri untuk perayaan hari besar dan hari – hari lainya hampir setiap hari memiliki perbedaan perayaan atau sejarahnya. Lha kali ini Berita Warganet akan menjawab pertanyaan, Pada tanggal 7 Januari 2024 diperingati hari apa ?

tahun naga 2024

Dikutip dari laman situs liburnasional dijelaskan bahwa Minggu, 7 Januari 2024 merupakan perayaan Hari Imlek atau tahun baru Imlek 2575 menandai dimulainya tahun naga.

Tahun baru Imlek umumnya dirayakan dengan makan malam bersama dengan keluarga, kegiatan mensterilkan rumah guna menyapu bersih” kemalangan” tahun kemudian serta menyongsong” nasib baik” di tahun yang baru. Tidak hanya itu perayaan Imlek tidak lepas dengan pemberian angpao ataupun amplop merah. Angpao umumnya diberikan oleh yang telah menikah kepada yang masih belum menikah.

imlek 2024

Di Indonesia, tahun baru Imlek diresmikan selaku hari libur nasional bersumber pada Keppres Nomor 19/ 2002 serta mulai dirayakan selaku hari libur nasional semenjak tahun 2003. Tidak hanya di Indonesia, tahun baru Imlek pula ialah hari libur nasional di Brunei, Filipina, Korea, Malaysia, Mauritius, Singapore, Cina, Thailand serta Vietnam.

Baca Juga :  Kalender 2024

Imlek, juga dikenal sebagai Tahun Baru Cina atau Chun Jie, adalah perayaan yang dirayakan oleh komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Di Indonesia, Imlek menjadi salah satu perayaan yang meriah dan melibatkan partisipasi lintas budaya. Meskipun Imlek memiliki akar sejarah yang dalam dalam budaya Tionghoa, Indonesia mampu menggabungkan tradisi ini dengan keberagaman lokal, menciptakan suasana perayaan yang unik.

Indonesia, yang dikenal dengan keberagaman budaya dan agama, merayakan berbagai festival dan perayaan yang mencerminkan pluralitas masyarakatnya. Salah satu perayaan yang sangat dinanti-nanti adalah Imlek, atau Tahun Baru Imlek, yang merayakan pergantian tahun dalam penanggalan lunar. Artikel ini akan membahas bagaimana perayaan Imlek dirayakan di Indonesia, tradisi yang melekat, dan kemeriahan yang menyertainya.

Tradisi dan Ritual Imlek:

Baca Juga :  Jadwal Piala AFF 2022, Indonesia Bakal Ketemu Thailand di Group A

Reuni Keluarga: Imlek dianggap sebagai saat yang paling tepat untuk berkumpul dengan keluarga besar. Pada malam pergantian tahun, keluarga-keluarga Tionghoa mengadakan reuni besar, menyantap hidangan khas, dan saling bertukar hadiah.

Liong dan Barongsai: Pertunjukan seni tradisional seperti tarian liong dan barongsai menjadi pemandangan umum di banyak kota di Indonesia. Pertunjukan ini dianggap membawa keberuntungan dan mengusir roh jahat.

Doa dan Persembahan: Masyarakat Tionghoa juga melakukan doa-doa khusus di kuil-kuil mereka untuk memohon keberuntungan dan kesejahteraan di tahun yang baru.

sio naga imlek 2024

Kuliner Khas Imlek:

Selain tradisi dan ritual, Imlek di Indonesia juga ditandai dengan hidangan khas yang disajikan selama perayaan. Bakpao, lumpia, nian gao (kue tahun baru), dan hidangan berbasis ikan sering menjadi menu wajib di meja makan keluarga.

Kemeriahan di Berbagai Kota:

Berbagai kota di Indonesia juga menggelar perayaan Imlek dengan parade, pertunjukan seni, dan pameran khas Imlek. Jakarta, Surabaya, dan Medan menjadi pusat perayaan yang paling meriah dengan ribuan orang berkumpul untuk menyaksikan dan berpartisipasi dalam festival tersebut.

Baca Juga :  Prediksi Susunan Pemain Indonesia Vs Kamboja Piala AFF 2022

Kontribusi Budaya Imlek bagi Indonesia:

Perayaan Imlek di Indonesia tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Tionghoa, tetapi juga dianggap sebagai perayaan nasional yang menyatukan berbagai kelompok etnis. Budaya Imlek telah menjadi bagian tak terpisahkan dari keberagaman Indonesia, menciptakan harmoni dan toleransi di antara masyarakat yang berbeda.

Penutup:
Perayaan Imlek di Indonesia mencerminkan semangat kebersamaan, toleransi, dan keberagaman yang menjadi kekuatan utama negara ini. Dengan berbagai tradisi, kuliner, dan kemeriahan, Imlek membawa warna yang istimewa dalam mozaik budaya Indonesia. Tahun Baru Imlek tidak hanya menjadi momen perayaan bagi komunitas Tionghoa, tetapi juga menjadi momen bersatu bagi seluruh masyarakat Indonesia. Nah untuk pertanyaan tanggal 7 Januari 2024 Hari apa , sudah BW bahas diatas, jadi besok tanggal 7 Januari merupakan perayaan imlek.

 

Slinga Digital

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul 7 Januari 2024 Hari Apa ? yang dipublish pada Februari 29, 2024 di website Berita Warganet

Artikel Terkait