Berikut Serba-Serbi Komputer yang Perlu Kamu Tahu

Berita Warganet – Berikut Serba-Serbi Komputer yang Kamu Perlu Tahu. Komputer pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun apakah kamu tahu apa itu komputer? Yuk simak ulasan berikut!

Pengertian Komputer

Kata komputer berasal dari bahasa Latin yaitu Computare yang artinya menghitung. Adapun dalam bahasa Inggris to compute. Komputer adalah suatu alat yang dipergunakan untuk melakukan komputasi atau perhitungan. Komputer adalah alat yang multifungsi,

Fungsi Komputer

Fungsi komputer diantaranya :

  • Menambahkan, memperbaiki dan mengambil informasi sampai mengirimkannya kembali ke benua lain melalui satelit komunikasi dan saluran telepon.
  • Dapat menghitung, membandingkan, mensimulasikan kegiatan-kegiatan, dan mengontrol proses dalam sebuah industri.
  • Melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan penelitian ilmiah.
  • Dapat menguji semua pekerjaan-pekerjaan dengan benar, tepat, mudah, dan dengan kecepatan yang tinggi.
Baca Juga :  Inilah Harga Serta Spesifikasi Dari HP Xiaomi Mi 11 Lite, Menggunakan Layar AMOLED Serta Chipset Gaming Dengan RAM 8 GB Hanya Rp 3 Jutaan

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Komputer merupakan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang dapat mengolah data menjadi informasi serta dapat menjalankan program berdasarkan suatu aturan tertentu. Selain itu, banyak para ahli yang mengartikan komputer, di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Fuori, berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat pemrosesan data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia.
  • Hamacher, menurutnya komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  • Blissmer, berpendapat bahwa komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan tugas menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintahperintah dan hasil dari pengolahan, serta, menyediakan output dalam bentuk informasi.
Baca Juga :  Spesifikasi Laptop HP ENVY Convertible 13-ay0006AU

Pengertian Komputer Secara Umum

Secara umum, komputer dapat diartikan sebagai sebuah mesin elektronik, dijalankan oleh instruksiinstruksi yang disimpan di dalam memorinya. memori tersebut dapat menerima data masukan (Input), memanipulasi (mengolah) data sesuai dengan aturanaturan tertentu (proses), sehingga menghasilkan keluaran (output) berbentuk informasi, dan menyimpan hasilnya untuk kebutuhan yang akan datang.

Komputer bekerja dengan menggunakan tenaga listrik serta berdasarkan suatu perangkat lunak tertentu. Perangkat lunak adalah rangkaian perintah yang dibuat manusia (programmer) dan dapat dimengerti oleh komputer. Program tersebut akan memberi instruksi pada setiap perangkat keras komputer untuk mengerjakan sesuatu dan mengatur keselarasan kerja antara satu perangkat keras dan perangkat keras lainnya.

Komputer sebagai alat yang berdaya guna

Mengapa Komputer sebagai Alat yang berdaya Guna? Komputer memiliki kemampuannya melakukan proses data menjadi Informasi dengan kecepatan tinggi, akurat, dan handal.

Sifat-sifat Komputer

Uraian sifat-sifat pada komputer adalah sebagai berikut.

  • Kecepatan. Di dalam sistem unit Komputer, operasi terjadi melalui circuit elektronik. Data, instruksi, dan informasi mengalir melalui circuit ini dengan kecepatan mendekati kecepatan cahaya. Hal ini memungkinkan berjuta operasi dilakukan dalam hitungan detik.
  • Kehandalan. Komponen elektronik dalam komputer modern dapat diandalkan karena mempunyai kemampuan untuk tidak melakukan kesalahan. Tingkat kehandalan komponen komputer yang tinggi memungkinkan komputer untuk menghasilan output yang konsisten.
  • Akurat. Komputer dapat melakukan proses dengan jumlah data yang sangat banyak dan tidak melakukan kesalahan, dengan catatan data yang dimasukkan adalah benar. Jika kamu memasukkan data yang salah (error) maka komputer akan menghasilkan data yang salah pula. Hal ini disebut dengan GIGO (Garbage In Garbage Out).
  • Tempat penyimpanan. Banyak Komputer dapat menyimpan data yang luar biasa banyak dan membuat data tersebut mudah untuk diproses kapanpun dibutuhkan. Dengan menggunakan peralatan penyimpanan, data dapat dipindahkan dengan cepat dari tempat penyimpanan ke memori, diproses kemudian disimpan kembali untuk kebutuhan dilain waktu.