Cara Cek NISN Online, Gampang Banget! Cek Untuk Syarat PIP

Cara Cek NISN Online, Gampang Banget! Cek Untuk Syarat PIP

Cara Cek NISN Online, Gampang Banget! Cek Untuk Syarat PIP – Melansir dari Situs resmi NISN Kemdikbud, Pengertian Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang dapat membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah Indonesia dan Sekolah Indonesia di Luar Negeri;

Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud. Sistem pengelolaan NISN secara nasional oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK) Kemendikbud yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh PDSPK ditampilkan secara terbuka dalam batasan tertentu melalui situs NISN (http://nisn.data.kemdikbud.go.id./).

Baca Juga :  Download Contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka SD Lengkap

Baca Juga: Cara Cek Penerima KIP/PIP 2023, Berapa Besarannya?

Lalu untuk apa sih peserta didik memiliki NISN? Berikut ini adalah Tujuan dan manfaat NISN Bagi peserta didik di Indonesia.

Tujuan dan Manfaat NISN

  1. Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
  2. Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
  3. Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
Baca Juga :  Interaksi Manusia dan Komputer Melalui Suara (Audio) Adalah?

Baca Juga: Jawaban Tugas Menyimpulkan Dua Teks Resensi Berdasarkan Kebahasaan

Cara Cek NISN Online

Setelah mengetahui tujuan dan manfaat dari Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN. Berikut ini adalah cara Cek NISN yang bisa kamu lakukan secara online. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Browser yang ada pada ponsel atau PC kalian. Kalian bisa menggunakan Google Chrome, Mozzila Firefox atau browser lainnya yang kalian miliki pada ponsel atau PC.
  2. Buka tab baru dan ketikkan URL berikut https://nisn.data.kemdikbud.go.id/index.php/Cindex/formcaribynama atau Klik DISINI
  3. Selanjutnya masukkan Nama Peserta Didik (Sesuai dengan KK)
  4. Ketikkan Kota Tempat Lahir Peserta Didik
  5. Pilih Tanggal Lahir melalui menu drop down ( Klik pada kolom Bulan dan Tahun untuk mencari Tanggal lahir sesuai dengan tanggal lahir peserta didik lalu klik tanggal lahirnya) Atau ketikkan tanggal lahir dengan format Tahun – Bulan – Tanggal (YYYY-MM-DD) contoh 2017-07-06
  6. Selanjutnya masukkan nama Ibu Kandung
  7. Klik pada tombol centang pada Captcha  ( sebelah tulisan I’m Not a Robot)
  8. Klik pada Tombol Cari Data
Baca Juga :  Indra Penglihatan Pada Manusia, Bagian dan Fungsinya

Baca Juga: Download Contoh Daftar Nilai Kurikulum Merdeka SD Lengkap

Setelah itu, sobat warganet akan diarahkan pada halaman data NISN Peserta Didik sesuai dengan isian yang dimasukkan. Sobat warganet bisa mengetahui NISN yang bisa digunakan salah satunya untuk Cek Penerimaan Bantuan KIP/PIP peserta didik. Demikianlah infromasi mengenai Cara Cek NISN Online yang bisa beritawarganet informasikan. Semoga bermanfaat!