Cara Mengetahui Merk Motherboard

Cara Mengetahui Merk Motherboard PC

Cara Mengetahui Merk Motherboard PC – Ada banyak alasan mengapa Kamu mungkin perlu menemukan merek dan nomor model motherboard yang kamu gunakan pada PC. Mencari merk dan serial untuk memperbarui driver atau BIOS adalah yang paling umum, tetapi Kamu mungkin juga ingin memeriksa kompatibilitas dengan perangkat keras lain, menemukan spesifikasi, atau hanya mencari pengganti yang identik.

Dan dengan PC dan laptop OEM, tidak selalu semudah mencentang kotak kotak motherboardmu. Namun tenang saja, beritawarganet akan memberikan informasi mengenai cara Mengetahui Merk Motherboard PC Desktop maupun Laptopmu.

Dengan beberapa cara berikut kamu bisa mengetahui merk dan informasi lainnya yang mungkin akan kamu butuhkan. Langsung saja berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu gunakan.

Cara Mengetahui Merk Motherboard PC

Cara Cepat

Mungkin cara tercepat dan termudah untuk menemukan model motherboard Kamu adalah dengan menggunakan utilitas Sistem Informasi Windows. Langkahnya adalah sebagai berikut

  1. Di Windows 10 Kamu dapat mengakses menu ini dengan masuk ke Mulai, mengetik ” Informasi Sistem ” dan menjalankan aplikasi. Atau, tekan tombol Windows + R untuk membuka jendela Run, lalu ketik ” msinfo32 ” dan tekan Enter.
  2. Mereka yang menggunakan PC Windows lama dapat menggunakan perintah Jalankan di atas, atau di dalam menu Mulai, klik: All Programs > Accessories > System Tools, then the System Information utility.
  3. Dalam Informasi Sistem, Kamu akan menemukan merek dan model motherboard Kamu di bagian Ringkasan Sistem
Baca Juga :  Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet

Perangkat Lunak pihak ketiga

Tidak hanya aplikasi profil sistem pihak ketiga yang biasanya gratis, tetapi juga menawarkan banyak informasi sistem di satu tempat. Salah satu yang paling populer dan bisa dibilang yang terbaik adalah CPU-Z yang bisa kamu download di sini . Kamu akan mengetahui lebih banyak tentang perangkat keras Kamu menggunakan CPU-Z daripada dari utilitas bawaan Windows, membuatnya harus dimiliki oleh para penggemar dan penggila PC.

Baca Juga :  5 Aplikasi Gitar Terbaik Untuk Android Rekomendasi 2021

Perangkat lunak luar biasa lainnya untuk mengidentifikasi model motherboard Kamu sekaligus menawarkan sejumlah informasi lainnya adalah Belarc Advisor . Seperti CPU-Z, ia menganalisis sistem untuk membangun profil perangkat keras yang Kamu pasang, tetapi juga mencakup ringkasan perangkat lunak sistem yang kamu gunakan. Aplikasi yang satu ini bahkan menunjukkan perbaikan terbaru Microsoft dan pembaruan keamanan yang hilang. Perbedaan lainnya adalah bahwa temuan disajikan di browser web Kamu. Kamu dapat mengunduh Belarc Advisor versi terbaru di sini .

Selain dua aplikasi tersebut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi lainya yaitu Speccy . Aplikasi ini akan menunjukkan dan menemukan lebih banyak informasi daripada yang ditawarkan Windows, tetapi bonus tambahannya adalah ia menampilkan suhu komponen yang berbeda. Kamu dapat mengunduh Speccy di sini .

Baca Juga :  10 Game Google Doodle Populer bisa isi waktu luangmu

Command Promt

Selain dengan kedua cara diatas, kamu juga bisa memandaatkan Command Promt atau CMD untuk bisa mengetahui model motherboard. Melalui command prompt menggunakan instrumentasi Windows Command-line (WMIC). Yang kamu perlukan hanya membuka command prompt, lalu ketik:

wmic baseboard get product,manufacturer,version,serialnumber

layar akan menampilkan produsen board, nomor model, versi, dan, jika tersedia, nomor seri.

Nah itulah beberapa Cara Mengetahui Merk Motherboard PC yang bisa kamu gunakan. Sehingga sebelum kamu mengupgrade, mengganti atau hal lainnya yang akan kamu lakukan. Kamu bisa dengan mudah mencari informasinya terlebih dahulu

Baca Juga: