Kameratest: S21 Ultra vs. Note20 Ultra

Berita Warganet – Apa saja kamera yang ada pada S21 Ultra dan Note20 Ultra. Berikut Berita Warganet ulas kedua ponsel tersebut.

Baca juga : Review Samsung Galaxy S21+5G

Pengantar

Ultra vs. Ultra, yang merupakan judul kerja yang sangat jelas dari yang satu ini. Galaxy S21 Ultra adalah iterasi ketiga dalam upaya Samsung untuk mendapatkan ponsel kamera terbaik. Oleh karena itu kami berpendapat bahwa perbandingan itu tepat.


Kami membatasinya hanya untuk dua pesaing – model baru melawan Galaxy Note20 Ultra dari sekitar 6 bulan yang lalu. Sebuah threesome dengan S20 Ultra terlintas dalam pikiran kami, tetapi menjaga kewarasan melebihi rasa ingin tahu. Karena jumlah sampel dalam proses head-to-head yang lebih sederhana ini bertambah secara eksponensial (karena banyaknya kamera, perubahan cuaca, rekaman baru karena pembaruan perangkat lunak), kami menghargai pemilihan peserta yang konservatif.

Karena Note20 Ultra merupakan peningkatan dari S20 Ultra dalam banyak hal dan S-Series yang sekarang berusia satu tahun dari generasi terakhir kurang menjadi pilihan pembelian yang menggoda, kami percaya bahwa pilihan kami memiliki keunggulan di luar kenyamanan kami sendiri. Bukankah ini benar-benar sentuhan baru yang disamarkan dengan dukungan S Pen dari S21 Ultra?

Oke, mari kita bahas lagi apa yang ada di ponsel ini.

Baca juga : Review Xiaomi Redmi Note 9T

Hardware

Ultra terbaru hadir dengan banyak perangkat keras baru, termasuk kamera utama yang tampaknya identik. Faktanya, seluruh pengaturan kamera tidak bisa dilihat sebelumnya.

Unit utama ini sekarang menggunakan sensor Nonacell 108MP generasi kedua, Isocell HM3 (0,7 µm HM2 dengan jarak yang lebih dekat tidak dihitung dalam buku kami). Peningkatan utama dari HM1 adalah Smart-ISO Pro, yang memanfaatkan kemampuan ISO asli ganda dari pencitra dengan menggunakan kedua level penguatan dalam bidikan yang sama – Samsung menjelaskan hal ini dengan jelas dalam video.
Bukan hanya sensornya yang berubah – lensanya sekarang lebih lebar setara dengan 24mm (26mm pada Ultra sebelumnya). Aperturnya tetap f / 1.8 dan masih tetap – kami kehilangan kemampuan aperture ganda dari galaksi yang lebih tua. Stabilisasi optik tentu saja masih tersedia.

Baca Juga :  Review Laptop Gaming Lenovo Legion 5 Pro

Tambahan baru lainnya pada Ultra v.3 adalah autofokus kamera sudut ultra lebar, yang telah kami jelajahi di galaksi setidaknya selama beberapa generasi. Sensor 12MP 1 / 2.55 “dengan 1,4 µm piksel digunakan, seperti pada Note. Hanya piksel baru ini sekarang memiliki fungsi AF dengan dua piksel. Samsung memberikan 120- untuk kedua lensa. Bidang pandang derajat sementara aperturnya adalah f / 2.2.

Apa yang membawa kita ke Teles. S21 Ultra memiliki dua di antaranya, masing-masing dilengkapi dengan sensor 10MP 1 / 3.24 “dengan piksel 1,22 µm. Salah satunya adalah telefoto 3x dengan jangkauan sedang (panjang fokus sekitar 70 mm, apertur 2.4), yang lainnya menggunakan lipatan ganda desain lensa periskop untuk mencapai zoom 10x (240mm, f / 4.9) Kedua lensa distabilkan.

Note20 Ultra, di sisi lain, memiliki kamera telefoto tunggal dengan tingkat zoom 5x – setara sekitar 120 mm. Sensor 12MP 1 / 3.4 “yang digunakan memiliki 1.0 µm piksel, sedangkan lensa yang distabilkan memiliki aperture 1: 3.0.

Perbedaan dalam tingkat zoom asli yang ditawarkan ini membuat perbandingan yang sangat bagus dan mudah menjadi mungkin. Tidak. Di sini, juga, aplikasi kamera hampir tidak membantu. Bagaimana bisa?

Baca juga : Review Poco M3

Camera app UI

Aplikasi kamera tidak memiliki tombol preset untuk zoom 3x Note atau link 5x untuk S21 Ultra. Namun, keduanya memiliki tombol 4 arah karena alasan yang tidak diketahui – yang tidak kami gunakan karena tidak ada dalam daftar pembesaran zoom asli di kedua ponsel.

Secara realistis, kurangnya preset tertentu untuk tingkat zoom di luar tinjauan komparatif tidak boleh dibandingkan dengan aplikasi kamera Samsung yang sebagian besar bagus. Namun, fakta bahwa tombol tingkat zoom sekunder mengganggu peralihan mode telah mengganggu penggunaan umum.

Baca Juga :  Review LG Wing

Tetapi dasar-dasarnya diketahui: menggesek ke kiri dan kanan akan beralih di antara mode yang tersedia, dengan opsi untuk mengatur ulang, menambah, atau menghapus beberapa mode dari jendela bidik. Banyak mode yang Anda butuhkan di sana tidak segera tersedia di S21 Ultra (seperti mode malam dan potret). Tetapi katakanlah Samsung melakukan ini untuk mendorong Anda menyiapkan aplikasi kamera seperti yang Anda inginkan. Ngomong-ngomong, ini memang mode “potret” yang dimulai dengan generasi S21 – sebelumnya Samsung menyebut mode faux-bokeh “fokus langsung”.

Gerakan menggesek vertikal di kedua arah secara bergantian antara kamera depan dan belakang. Anehnya, tidak semua ponsel mendukung gerakan sederhana ini – galaksi mendukungnya.

Nama pohon yang terkenal untuk kontrol zoom juga ada di sini – pada catatan ini berarti tiga tiga untuk ultra lebar, dua pohon untuk kamera utama (cukup lebar) dan satu pohon untuk telefoto. S21 Ultra menambahkan pohon lain (tetapi lebih detail) untuk 10x Tele-nya.

Seperti sebelumnya, setelah menekan sakelar pohon, tombol tambahan dengan tingkat zoom prasetel tambahan akan ditampilkan. Ini termasuk ultra lebar (0,5x pada catatan, 0,6x pada S, karena ‘x’ berarti arti yang sedikit berbeda pada keduanya) dan 4x yang kami sebutkan dan pergi ke ekstrem (hingga 50x pada catatan, 100x di S). Zoom cubit juga berfungsi.

Jendela bidik memiliki ikon biasa dengan dial di sudut kiri atas layar. Dengan Galaxy S21, resolusi video dipindahkan ke jendela bidik. Pada catatan Anda harus melakukan pengaturan untuk mengubah ini. Perubahan kecil pada ponsel baru ini termasuk pengaturan tambahan untuk mode pengambilan tunggal, efek bokeh untuk mode potret, dan mode tampilan sutradara untuk video yang memungkinkan Anda melihat apa yang direkam semua kamera secara bersamaan.

Baca Juga :  Review Infinix Zero 8

Dalam mode Pro, Anda dapat memilih ISO dan kecepatan rana, fokus secara manual (dengan puncak) dan memilih keseimbangan putih, serta mode pengukuran dan area AF. Perkembangan penting dengan S21 Ultra adalah Anda sekarang dapat mengakses kamera ultra lebar dalam mode Pro, Note tidak. Di sisi lain, tidak ada Teles yang dapat digunakan dalam mode Pro.