manfaat matahari
manfaat matahari

Kunci Jawaban Manfaat Energi Matahari

beritawarganet.com – Kunci Jawaban Manfaat Energi Matahari. Indonesia merupakan salah satu negara dengan sumber daya alam yang melimpah. Sumber daya yang ada mulai dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Apa yang Sobat BW ketahui tentang sumber daya alam tersebut? Mari kita cari tahu bersama.

 

Macam Sumber Daya Alam

 

A. Sumber Energi yang Tidak Dapat Diperbarui

Sumber energi yang tidak dapat diperbarui merupakan sumber-sumber energi yang akan habis. Sumber energi tersebut juga tidak dapat diperbarui lagi. Pada umumnya, minyak dan gas merupakan sumber energy yang tidak dapat diperbarui. Contoh lain adalah batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 5 halaman 15 dan 16 Geografis Indonesia IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Minyak bumi dan batu bara merupakan sumber energi yang berasal dari tumbuhan dan makhluk hidup yang terpendam selama jutaan tahun. Minyak bumi dan batu bara akan habis jika digunakan secara terus menerus. Dibutuhkan waktu berjuta-juta tahun agar minyak bumi dan gas agar tersedia lagi.

 

B. Sumber Energi yang Dapat Diperbarui

Sumber energi yang dapat diperbarui merupakan sumber energi yang tidak akan habis meskipun digunakan secara terus-menerus. Sumber energi ini dapat memperbarui diri. Ada pula sumber energy yang bisa diusahakan atau dibuat oleh manusia. Meskipun demikian, kita tetap harus bijak dan hemat dalam menggunakannya. Contoh sumber energi ini adalah air, matahari, hewan dan lain sebagainya

Ayo Berlatih
Kunci Jawaban Manfaat Energi Matahari – Matahari merupakan sumber energi yang terbesar bagi bumi. Energi matahari tidak akan pernah habis digunakan. Energi matahari bermanfaat bagi seluruh alam terutama makhluk hidup.
Kegiatan ini akan memudahkanmu memahami manfaat energi matahari bagi kehidupan manusia. Buatlah peta konsep manfaat matahari dengan mengisi kolom kolom berikut.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Post test Topik 2 Modul 1 Makna Kurikulum dalam Pendidikan Pada Aplikasi Portal Merdeka Mengajar

 

Manfaat Energi Matahari

 

manfaat matahari

 

Kunci Jawaban Manfaat Energi Matahari – Berdasarkan bacaan di depan, coba identifikasilah sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu. Untuk mendapatkan jawabannya, kamu bisa melakukan wawancara dengan orang-orang di sekitar tempat tinggalmu.
Kamu akan melakukan wawancara. Wawancara itu untuk memperoleh data mengenai sumber-sumber energi yang ada di daerah tempat tinggalmu.

 

Coba, jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut.

1. Siapa narasumber yang akan kamu wawancarai?

Narasumber: orang tua, kakak, paman, bibi, saudara

Baca Juga :  Kunci Jawaban Siswa Aktif halaman 127 Meningkatkan Partisipasi Dalam Kerjasama dan Gotong Royong PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

2. Pertanyaan apa saja yang akan kamu ajukan untuk mendapatkan data kondisi lingkungan di lingkungan sekitarmu?

Daftar Pertanyaan

a. Siapa nama Bapak/Ibu?

b. Hewan apa saja yang masih dapat dijumpai di lingkungan sekitar Bapak/Ibu?

c. Tanaman apa saja yang ditanam disekitar lingkungan sekitar?

d. Perlukah melakukan kerja bakti untuk mejaga kebersihan lingkungan?

e. Kegiatan kerja bakti apa yang dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan?

Sobat BW sumber daya dibagi menjadi dua yaitu sumber daya yang tidak dapat diperbarui dan sumber daya yang dapat diperbarui. Sumber daya yang tidak dapat diperbarui antara lain minyak bumi, batu bara, gas alam, dan hasil tambang lainnya. Sedangkan sumber daya alam yang dapat diperbarui antara lain air, matahari, hewan dan lain sebagainya.

Nah Sobat BW kita harus bisa memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana dan bertanggung jawab ya. Semoga bermanfaat..