Mengelola Microsoft 365 dalam organisasi

Mengelola Microsoft 365 dalam organisasi – Microsoft 365 menyertakan dasbor manajemen yang dapat digunakan administrator untuk mengelola lisensi, langganan, fitur, dan keamanan. Konsol itu bisa sangat banyak, dan bahkan beberapa fitur hanya dapat dikelola melalui perintah PowerShell.

Bahkan di organisasi kecil, penting untuk memiliki administrator Office 365 yang terampil yang dapat mengelola pengguna dan mengonfigurasi opsi keamanan dengan benar. Kecuali jika Anda memiliki staf internal dengan pelatihan yang tepat, tugas manajemen ini sebaiknya dialihkan ke penyedia layanan terkelola. Minimal, setiap administrator harus mengetahui titik masuk berikut untuk manajemen Office 365:

Titik Masuk Manajemen Office 365

1. Portal Microsoft 365

Pengguna dapat mengakses layanan berbasis web di sini dan juga mengelola penginstalan aplikasi desktop Office.

2. Pusat Admin Microsoft 365

Bagi pengguna yang juga telah ditetapkan peran administrator, portal ini menyertakan opsi konfigurasi untuk mengelola pengguna dan grup, lisensi, dan penagihan. Opsi di bagian bawah panel navigasi memperbolehkan akses ke pusat admin untuk layanan tertentu, seperti Exchange Online dan OneDrive for Business.

3. Pusat Admin Azure Active Directory

Setiap langganan bisnis Microsoft 365 juga menyertakan akun Azure Active Directory gratis. Administrator dapat mengelola pengguna dan perangkat dari portal ini dan juga dapat mengonfigurasi hubungan dengan organisasi luar dan server lokal yang ada. Perhatikan bahwa beberapa fitur memerlukan langganan Azure AD premium.

Mengamankan akun dan konten Layanan

Microsoft 365 dirancang agar aman secara default. Anda dapat membuat beberapa perubahan pada pengaturan default untuk mencapai keseimbangan yang tepat antara keamanan dan kenyamanan. Pertama, aktifkan otentikasi multi-faktor dengan masuk ke portal Azure Active Directory sebagai administrator global. Setiap pengguna perlu menyediakan alat kontak alternatif, seperti nomor telepon untuk menerima pesan SMS.

Baca Juga :  Tombol Fungsi pada Keyboard

Aplikasi Microsoft Authenticator sangat berguna sebagai sarana utama untuk menghasilkan kode satu kali atau menerima pemberitahuan push untuk masuk ke layanan Office 365. Selanjutnya, aktifkan pengaturan ulang kata sandi swalayan. Anda akan menemukan tautan ke opsi ini di bagian Keamanan & Privasi di Portal Admin Microsoft 365.