Pengertian Aset (Aktiva) dan Penjelasanya

Telah dijelaskan bahwa tujuan akuntansi secara khusus adalah untuk
menyajikan laporan keuangan dalam bentuk siklus akuntansi/tahapan-tahapan dalam pengerjaan akuntansi. Sebelum perusahaan membuat siklus akuntansi, dasar laporan atas pengerjaan akuntansi adalah menganalisis data yang ada dalam bentuk persamaan dasar akuntansi.

Persamaan dasar akuntansi adalah hubungan (keterkaitan) antara harta, hutang, dan modal dari sebuah perusahaan, yang disebabkan karena adanya transaksi bisnis.

Persamaan dasar akuntansi akan selalu “dalam keseimbangan” yang berarti sisi kiri harus selalu sama dengan sisi kanan, artinya seperti yang telah dipelajari sebelumnya setiap terjadi transaksi harus dicatat seimbang dalam dua aspek. Aspek tersebut adalah aktiva (harta), kewajiban, dan modal.

Arti dan Penjelasan Aset (Aktiva)

Sumber daya ekonomi yang dimiliki oleh perusahaan dinamakan aktiva/harta/kekayaan (Assets), dimana aset ini akan digunakan oleh perusahaan, baik akan dimanfaatkan maupun dikonsumsi demi lancarnya
kegiatan operasional perusahaan.

Aset juga merupakan sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan dalam operasional badan usaha untuk manfaat di masa depan.

Seperti yang telah dibahas di bab sebelumnya bahwa aktiva meliputi kas, piutang, perlengkapan dan peralatan kantor, bangunan dan aset lainnya Piutang usaha dikatakan aset karena piutang ini nantinya akan dapat dicairkan/dikonversi dari piutang menjadi uang kas sebagai hasil dari penagihan atas transaksi penjualan, piutang usaha mencerminkan hak perusahaan untuk menagih kepada pelanggan (customer) demi
mendapatkan uang kas.

Bagi perusahaan dagang, salah satu yang menjadi aset utama perusahaan adalah adanya persediaan dagang, dimana perusahaan dagang merupakan aset yang nantinya akan dijual oleh perusahaan kepada pelanggan untuk mendapatkan piutang jika dilakukan transaksi penjualan persediaan barang dagang secara kredit, maupun untuk mendapatkan uang/kas jika dilakukan transaksi penjualan persediaan barang dagang secara tunai.

Baca Juga :  Pengertian Transaksi

Sedangkan untuk aset berbentuk perlengkapan toko dan kantor, asuransi dan sewa dibayar di muka, bangunan, peralatan/perabot kantor, serta kendaraan operasional dikatakan aset karena bentu aset ini memiliki manfaat ekonomi bagi perusahaan untuk digunakan/dikonsumsi selama periode akuntansi.

Di dalam konsep dasar persamaan akuntansi, aset merupakan komponen
utama sebagai dasar pembuatan laporan/analisis laporan keuangan.

Hal ini dikarenakan, sebagian besar transaksi yang yang terjadi dalam kegiatan operasional dapat mempengaruhi posisi nilai dari aset, baik akan mengalami penambahan dari nilai aset yang sebelumnya maupun mengalami penurunan nilai aset.