Taman Pattimura, Rekomendasi Tempat Wisata Ambon

Berita WarganetTaman Pattimura, Rekomendasi Tempat Wisata Ambon. Wisata Taman Pattimura Ambon meliputi area seluas 11.000 meter persegi, dengan dua lapangan basket dan dua lapangan voli, air mancur dan panggung terbuka, taman, trotoar pejalan kaki dan pagar yang mengelilingi keempat taman. Gerbang.

Baca Juga : 17 Rekomendasi Tempat Wisata di Ambon yang Lagi Hits Tahun 2022

Di tengah Taman Patimula berdiri patung perunggu pahlawan nasional Kapten Pattimura, berdiri setinggi 7 meter dan berat sekitar 4 ton. Patung tersebut diproduksi dengan dana sebesar 2 miliar rupiah. Terletak di Wisata Taman Patimula, patung ini hanya berjarak 150 meter dari Kantor Gubernur Maluku.

Monumen pahlawan nasional karya pematung Rusdian Rachmadi dan diproduksi di studio Gustian di Kabupaten Arca Manik, Bandung, Jawa Barat, akan didanai oleh APBD kota Ambon, menurut situs web Dinas Pariwisata Pemerintah Provinsi Maluku. . senilai Rp 15,53 miliar pada 2007-2008.

Baca Juga :  Arti Lambang dan Warna pada Lambang Negara Garuda Pancasila, Kelas 3 SD

Baca Juga : Pantai Pintu Kota, Rekomendasi Tempat Wisata di Ambon

Monumen Patimura didukung oleh 5 kolam penyangga yang menandai tanggal 5 Mei. Ada 10 anak tangga menuju tugu Pattimura, pelataran berpola 8 anak panah melambangkan 18 angka, 17 balok melambangkan 17 angka pada 4 sisi tiang penyangga tugu, apabila disatukan menjadi 1817 tahun dimana Pattimura mentang Penjajahan Belanda di Maluku.

Baca Juga : Pantai Natsepa, Rekomendasi Tempat Wisata Hits di Ambon

Terletak di sebelah Lapangan Merdeka Ambon, taman ini dibuka oleh Walikota Ambon Richard Louhenapess pada 7 September 2019 dan menjadi pusat kegiatan warga kota Ambon di Maluku.

Pembangunan patung pahlawan nasional Thomas Matulessy atau Kapitan Patimura merupakan simbol kenangan akan kisah kepahlawanannya sebagai putra Maluku.

Baca Juga : Museum Siwalima, Rekomendasi Tempat Wisata Sejarah di Ambon

Salah satu pertempuran terbesar yang ia perjuangkan adalah ketika orang-orang Maluku bersatu untuk merebut Benteng Duurstede dari penjajah Belanda.

Baca Juga :  Logo Kabupaten Serang PNG Download Lambang Gratis

Penentang kolonialisme Belanda, Patimura dikenal cerdik dan mampu menggalang kekuatan besar Maluku. Bahkan, namanya disanjung oleh para pemimpin VOC yang berhadapan langsung menghadapi perlawanan Maluku.

Baca Juga : Pulau Pombo, Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Ambon

Tak heran jika Patimura sangat mahir berperang dan mengumpulkan pasukan. Secara historis, ia adalah seorang prajurit dengan pangkat sersan di Angkatan Darat Inggris di Ambon.

Patimura meninggal pada 16 Desember 1817, dalam usia 34 tahun, setelah ditangkap oleh Belanda dan dijatuhi hukuman mati di tiang gantunga di tempat yang sekarang menjadi Lapangan Merdeka, Ambon. Tidak jauh dari Taman Patimula, sekitar 50 meter dari Patung Patimula, terdapat gong perdamaian berpagar dengan empat pintu masuk. Gong Perdamaian dibangun sebagai bagian dari upaya pemulihan kehidupan di Ambon pascatragedi kemanusiaan Ambon 1999. Monumen Gong Perdamaian terletak di Desa Uritetu, Sirimau, Ambon.

Baca Juga :  3 Situs Pembuat Twibbon Gratis di Internet Secara Online

Gong perdamaian dunia ini berdiameter sekitar 2 meter. Antarmukanya berisi gambar bendera berbagai negara di seluruh dunia, serta sejumlah simbol agama besar. Gong ini juga dilengkapi lambang Pancasila di atas gong pembawanya, gong perdamaian dunia ke-35 di dunia. Selain itu, ada museum mini tepat di bawah gong.

Lokasi Obyek Wisata Taman Pattimura

Taman Pattimura
Obyek Wisata Taman Pattimura

Baca Juga : Air Terjun Waisia, Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Ambon

Apabila Sobat bingung rute terbaik menuju ke obyek wisata Taman Pattimura yang ada di Ambon, Sobat bisa mengakses peta lokasinya berikut ini untuk mempermudah perjalanan liburan Sobat, Simak lokasi Obyek Wisata sejarah Taman Pattimura di bawah ini di kata KUNJUNGI :

Baca Juga : Logo Kota Ambon PNG, Download Lambang Gambar HD

KUNJUNGI

Tentang Hari Jadi Kota Ambon :