Cara Mencegah Kehilangan Akun Google Lengkap Sob!

Cara Mencegah Kehilangan Akun Google Lengkap Sob!

Cara Mencegah Kehilangan Akun Google Lengkap Sob! – Kehilangan akses ke akun Google / Gmail kamu bisa menjadi pengalaman yang sangat membuat frustrasi dan tidak menyenangkan. Mungkin sobat warganet adalah salah satu orang yang tidak bisa mengakses akun google karena telah dikunci dari akun setelah lupa atau salah memasukkan kata sandi.

Bahkan ada yang masih belum bisa masuk kembali, bahkan setelah beberapa minggu. Google memang menyediakan daftar metode pemulihan akun yang bisa kalian coba jika akunmu terkunci Baik karena kamu lupa kata sandi atau karena seseorang telah meretas akun dan mengubah passwordmu.

Dan kamu mungkin bingung dalam mengatasi hal ini. Namun ada baiknya, kamu mempersiapkan dan mencoba menyelesaikan masalah ini sendiri terlebih dahulu. Dan kali ini beritawarganet akan membagikan informasi mengenai Cara mencegah kehilangan Akun Google Lengkap yang bisa kamu gunakan untuk memulihkan data data pentingmu.

Cara Mencegah Kehilangan Akun Google

Cadangkan Akun dengan meggunakan Google Takeout

Jika kamu pernah kehilangan akses ke akunmu, tidak akan menjadi masalah dan kecil kemungkinannya untuk membuatmu pusing jika kamu memiliki cadangan data terbaru. Hal ini dikarenakan Google menyediakan sarana bagi kamu untuk mengunduh datamu yang disebut Takeout .

Dengan Google Takeout, kamu dapat mengunduh semua data dari semua aplikasi Googlemu, atau dari beberapa aplikasi yang kamu anggap paling penting seperti Gmail. Format unduhan bervariasi tergantung pada jenis data. Email kamu akan diunduh dalam format MBOX, yang kemudian dapat diunggah ke akun Gmail lain atau ke sebagian besar layanan atau aplikasi email lainnya.

Baca Juga :  5 Aplikasi Booking Hotel Terbaik Untuk Android

Menggunakan Pengelola Kata Sandi

Selain dengan mencadangkan data dan memulihkannya menggunakan google takeout, salah satu cara terbaik untuk mencegahmu kehilangan akses ke akun Google yang disebabkan oleh kata sandi yang hilang atau lupa kata sandi adalah dengan menggunakan pengelola kata sandi.

Dan untuk menjaga keamanan kata sandimu ketika kamu lupa adalah jika sebelumnya kamu menggunakan aplikasi pengelola kata sandi yang dengan aman menyimpan kata sandi yang pernah kamu buat. Oleh karena itu, ada baiknya saat ini kamu mulai menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk menyimpan semua Sandi yang kamu buat pada aplikasi aplikasi penting yang kamu gunakan. Sehingga kamu tidak perlu kebingungan ketika kamu melupakan kata sandi yang pernah kamu buat.

Menggunakan Kata Sandi Lama

Salah satu cara Google memverifikasi identitasmu jika kamu kehilangan kata sandi adalah dengan meminta kamu mengetikkan kata sandi sebelumnya. Jika sudah lama sejak kamu mengubah kata sandi (dengan asumsi kamu pernah benar-benar mengubahnya), mungkin sulit bahkan akan tidak mungkin untuk mengingat kata sandi sebelumnya. Jadi, bukan ide yang buruk untuk mengubah sandi Google secara teratur dan berkala. dan jangan lupa untuk menyimpan kata sandi baru tersebut.

Cara terbaik yang bisa kamu lakukan di sini adalah menggunakan pengelola kata sandimu. Dengan aplikasi ini kamu bisa dengan mudah melacak kata sandi lama yang sudah pernah kamu gunakan. Sebagian besar pengelola kata sandi akan menawarkan untuk memperbarui entri yang ada untuk aplikasi saat kamu membuat kata sandi baru; jika memungkinkan, kamu dapat memilih untuk membuat entri baru, lalu kembali dan mengedit yang lama untuk mengatakan sesuatu seperti “Gmail – sandi lama”.

Baca Juga :  Cara Mengamankan Android Dari Peretas

Cara Memulihkan Akun Gmail

Memeriksa Info Pemulihan Akun yang Tersedia

Merupakan ide yang baik untuk memberi Google sebelumnya info pemulihan sebanyak yang kamu rasa nyaman, sehingga jika kamu perlu memverifikasi identitas kamu, kamu memiliki beberapa pilihan. Berikut ini langkah-langkahnya

  • Buka halaman akun Google dan kemudian klik “Keamanan” di kolom sebelah kiri.
  • Gulir ke bawah ke “Cara kami dapat memverifikasi bahwa ini memang kamu”.
  • Kamu akan melihat apakah kamu telah mendaftarkan nomor telepon pemulihan atau email pemulihan. (Catatan: jika kamu memasukkan jawaban untuk pertanyaan keamanan di masa lalu, kamu juga akan melihatnya di daftar; namun, jika kamu mengekliknya, kamu akan mendapatkan pemberitahuan yang memberi tahu kamu bahwa Google tidak lagi mendukung keamanan pertanyaan.)
  • Jika kamu tidak memiliki salah satu yang yang sudah diaktifkan, baik juga untuk mengaktifkan opsi keamanan yang lain. Jika kamu ingin benar-benar berhati-hati, kamu bisa memasukkan info kamu dengan beberapa langkah berikut.

Menyiapkan Akun Email Pemulihan

Akun email pemulihan kamu dapat berupa akun Gmail lain, akun email lain dari layanan berbeda, atau bahkan akun kerabat atau teman. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah berikut ini

  • Buka bagian “Cara kami dapat memverifikasi bahwa ini memang kamu” (lihat di atas) dan klik “Email pemulihan”.
  • Ketik alamat email pemulihan yang kamu pilih dan klik “Verifikasi.”
  • Google akan mengirimkan kode verifikasi enam digit ke alamat email yang kamu masukkan. Buka email kamu, salin kodenya, dan kembali ke halaman pemulihan untuk memasukkan kode. (kamu memiliki 24 jam sebelum kamu harus mendapatkan kode lain.)
  • kamu akan mendapatkan pop-up kecil yang menunjukkan bahwa email pemulihan kamu telah diverifikasi.
  • kamu dapat menyertakan email pemulihan terverifikasi untuk membantu pemulihan akun kamu.
Baca Juga :  Dengan RAM 8 GB Serta Empat Kamera, Inilah Spesifikasi Dan Harga Samsung Galaxy M32

Menyiapkan Nomor Telepon Pemulihan

  • Buka bagian “Cara kami dapat memverifikasi bahwa ini memang kamu” (lihat di atas) dan klik “Email pemulihan”.
  • Klik “Tambah Telepon Pemulihan” dan masukkan nomor telepon di kotak pop-up.
  • Google akan mengirimi kamu kode verifikasi di nomor telepon itu. Masukkan di kotak pop-up.
  • kamu juga dapat menambahkan nomor telepon pemulihan; Google akan menelepon atau mengirimi kamu SMS berisi kode.
  • kamu juga dapat menambahkan nomor telepon pemulihan; Google akan menelepon atau mengirimi kamu SMS berisi kode.

Mengingat Ketika Pertama Kali kamu membuat akun

Jika semuanya gagal, Google mungkin menanyakan kira-kira kapan kamu membuat akun. Secara pribadi, saya tidak tahu kapan saya memulai sebagian besar akun Gmail saya; jika kamu ingin memeriksa kapan kamu memulainya, mungkin cara termudah adalah menemukan Gmail kamu yang paling awal (sekarang, ketika kamu memiliki akses ke akun kamu) dan menyimpan info itu di tempat yang aman. Tentu saja, mengasumsikan bahwa kamu belum cukup efisien untuk menghapus semua email lama kamu; dalam hal ini, ini tidak akan membantu.

Jadi apa yang bisa kamu lakukan? Jika kamu benar-benar ingin agar email dan data Google lainnya tersedia, pastikan kamu memiliki sebanyak mungkin cara untuk memulihkan akun, dan jangan lupa untuk mencadangkan semuanya, untuk berjaga-jaga. Jika tidak, setelah mencoba semua yang kamu bisa, kamu mungkin harus melakukan apa yang disarankan Google di bagian bawah halaman “ Kiat untuk menyelesaikan langkah pemulihan akun ” dan membuat akun baru .