Lenovo ThinkPad T14 (Gen 2), Laptop Bisnis Kaya Fitur

Lenovo ThinkPad T14 (Gen 2), Laptop Bisnis Kaya Fitur

Lenovo ThinkPad T14 (Gen 2), Laptop Bisnis Kaya Fitur – Lenovo mengumumkan pada awal tahun 2021 menenai pembaharuan ThinkPads seri-T, termasuk ThinkPad T14. Lenovo T14 sendiri adalah generasi pertama adalah penerus T490 yang merupakan salah satu laptop bisnis terlaris yang ditawarkan Lenovo.

Perpindahan nama T14 yang baru tidak benar-benar mengubah desain, melainkan berfokus pada peningkatan kinerja dengan hardware yang lebih modern. Hal yang sama berlaku untuk ThinkPad T14 (Gen 2), yang lagi-lagi sebagian besar merupakan peningkatan pada kinerjanya.

Lenovo ThinkPad T14 (Gen 2)

Performa

Dibandingkan dengan model generasi pertama, ThinkPad T14 (Gen 2) memiliki port baru, CPU baru, RAM lebih cepat, dan beberapa opsi tampilan berbeda. Hal ini merupakan penyegaran kinerja pada gen 2. Pada dasarnya, kedua laptop ThinkPad T14 tidak bisa dibedakan pada saat diletakkan bersebelahan secara tampilan.

Dengan CPU Intel Core i5-1145G7 vPro Generasi ke-11, solid-state drive (SSD) 512GB M.2 PCIe NVMe yang dapat diupgrade, dan layar 14-inci 1920×1080 (FHD). RAM 16GB disolder ke motherboard. Namun, kamu juga akan menemukan slot gratis tambahan yang tersedia untuk upgrading dan untuk mencapai kinerja saluran ganda. Lenovo menawarkan RAM yang disolder 8GB atau 16GB dari pabrik. Seperti ThinkPad T14 generasi pertama, model Gen 2 dapat dikonfigurasi dengan 4G LTE. Ia bekerja dengan eSIM atau slot Nano-SIM fisik.

Baca Juga :  Tips Memilih Kartrid Tinta Printer Sebelum Membeli

ThinkPad T14 (Gen 2) juga memiliki konfogurasi AMD yang menggunakan CPU Ryzen 5000 Pro Mobile untuk kinerja yang sangat baik. Anda tidak mendapatkan port Thunderbolt (sebagai gantinya USB-C biasa), tetapi yang lainnya praktis sama. Model AMD mulai dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan Intel T14 (Gen 2). Kamu juga bisa mendapatkan ThinkPad T14s yang sedikit lebih tipis dan lebih ringan dari T14 biasa. Terbuat dari serat karbon dan aluminium untuk nuansa yang lebih premium. Kinerja perangkat keras, tampilan, dan port pada dasarnya sama. 

Desain

ThinkPad T14 generasi kedua dibuat dari campuran polikarbonat dan paduan magnesium untuk dek keyboard, poliamida dengan serat kaca untuk bagian bawah, dan polifenilena untuk tutupnya. Bahan ini membuat laptop ini terasa kuat dan tetap cukup ringan di 1,47kg. Laptop ini telah menjalani pengujian ketahanan MIL-STD 810G untuk memastikannya dapat bertahan di lingkungan yang lebih keras daripada kebanyakan laptop biasa. Secara keseluruhan, laptop ini memiliki tampilan sederhana dan profesional yang cocok untuk dibawa pada rapat yang kamu lakukan.

Baca Juga :  5 Aplikasi Kamera Selfie Terbaik Untuk Android

Pemilihan port telah dimodernisasi dengan Thunderbolt 4 ganda, bukan satu TB3 dan satu USB-C 3.2. Konektivitas sebagian besar tidak berubah, dengan dua USB-A 3.2 (Gen 1), HDMI 2.0, jack audio 3.5mm, pembaca kartu microSD, dan Ethernet RJ45 ukuran penuh. Ada juga konektor dok samping untuk stasiun dok milik Lenovo. ThinkPad 14 juga dilengkapi dengan Modem Intel AX210 Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.2 melengkapi opsi konektivitas wireless.

Keyboard ThinkPad hadir dengan tombol yang terasa nyaman digunakan seperti biasanya. ThinkPad 14 memiliki backlight putih tiga tahap dengan kontras yang baik dengan tombol hitam, tombol navigasi khusus untuk produktivitas yang lebih mudah, dan tombol komunikasi khusus untuk panggilan yang lebih cepat. Sistem TrackPoint masih ada di sini, dengan penunjuk merah dan tombol mouse fisik di sekitar touchpad.

Baca Juga :  Memilih Laptop 2 in 1, Laptop dan Tablet dalam 1 Gawai

Dibekali juga dengan Speaker ganda 2W dengan penyetelan Dolby Audio berada di antara keyboard dan layar. Kisi-kisi yang menutupinya membentang dari engsel ke engsel, juga dilengkapi tombol daya. Kualitas audio sangat baik sehingga kamu bisa mendengarkan musik sambil bekerja, dan panggilan video dan suara terdengar jelas.

Desain yang solid dan tahan lama pada ThinkPad T14 (Gen 2) mulai terlihat ketinggalan zaman jika melihat seri ThinkPad lain pada merk Lenovo. Namun Thinkpad T14 (Gen2) menghadirkan kinerja yang stabil dengan CPU Intel Core Generasi ke-11, dan daya tahan baterai serta termal yang sangat baik. Jika kamu mencari laptop bisnis dengan banyak fitur keamanan ekstra dan salah satu keyboard terbaik, Maka Lenovo ThinkPad T14 harus kamu pertimbangkan.

Baca Juga