Simak Cara Mudah Hosting dengan Google Drive

Google Drive adalah layanan Google Cloud yang digunakan untuk menyimpan beberapa file pada media penyimpanannya. Google drive memungkinkan pengembang untuk berbagi situs web mereka sendiri yang dihosting di Google Drive. Pada artikel ini, akan dijelaskan tentang cara hosting dengan Google Drive.

Penyimpanan cloud ini tidak dapat menjalankan bahasa pemrograman sisi server seperti PHP, Python, dan sebagainya. Dan uniknya, Google membuat petunjuk tentang cara menggunakannya di situs web yang dihosting di Google Drive. Berikut langkah-langkah yang harus anda lakukan.

  • Buat folder di Drive, lalu share di publik
  • Upload file HTML, JS & CSS ke folder tersebut.
  • Buka file HTML dan anda akan melihat tombol pratinjau pada toolbar.
  • Bagikan URL dengan format seperti www.googledrive.com/host/ (dari jendela pratinjau dan siapa pun dapat melihat halaman web anda)

Fitur ini adalah fitur kecil, tetapi akan sangat berguna bagi pengembang web. Jika anda kebetulan sedang membangun atau mendesain situs web dan membutuhkan semacam ‘situs web demo’ untuk ditampilkan kepada klien, ini bisa menjadi cara yang sangat berguna untuk menunjukkan kemajuan situs web anda.

Namun, kami tidak menyarankan penggunaan Google Drive sebagai hosting utama anda. Tetapi jika anda menggunakan Google Drive untuk menyimpan dan berbagi file, fitur ini tidak mengancam privasi anda. Karena Google Drive mengharuskan berbagi file web anda secara publik, tidak ada yang dapat melihat situs web anda sebelum selesai.

Tujuan Google menambahkan fitur ini tentunya agar semakin banyak orang yang ingin menggunakan Google Drive untuk menyimpan file mereka. Jika layanan penyimpanan cloud anda saat ini tidak memiliki fitur ini, menurut kami anda tidak akan pindah ke Drive.

Baca Juga :  Kompas Google Maps Kembali Hadir di Android Bersama Host Fitur Baru

Jadi, anda dapat mempublikasikan hasil proyek website, khususnya web front-end, ke dalam Google Drive sebagai Web Hosting yang telah tersinkronisasi oleh Fast.io. Lumayan, anda bisa menampung file dengan ukuran maksimal 500 MB per file dan kapasitas penyimpanan yang mengikuti Google Drive, yaitu 15 GB.