IP Dinamis Atau Statis Mana Yang Harus Dipilih?

IP Dinamis Atau Statis Mana Yang Harus Dipilih? – Setiap perangkat yang terhubung ke internet publik diberi alamat IP. Ini seperti nomor telepon untuk setiap perangkat. Untuk dapat terhubung ke internet, setiap perangkat membutuhkan alamat tersebut.

Istilah “alamat IP dinamis” berarti bahwa saat perangkat terhubung ke internet, perangkat diberi alamat IP yang diambil dari kumpulan alamat yang tersedia. Meskipun dimungkinkan untuk mendapatkan alamat IP yang sama pada beberapa koneksi, umumnya setiap kali Anda terhubung, Anda akan mendapatkan alamat yang berbeda.

Jika Anda ingin menyembunyikan alamat Anda dari aplikasi web yang Anda sambungkan, Anda pasti menginginkan layanan VPN yang menyediakan alamat IP dinamis. Dengan menggunakan layanan dengan lebih banyak alamat IP yang tersedia, kemungkinan Anda mendapatkan IP berulang cukup kecil.

Ada beberapa kelemahan kecil menggunakan IP dinamis. Jika seseorang yang sebelumnya memiliki alamat IP yang telah ditetapkan untuk Anda melakukan sesuatu yang jahat pada layanan yang Anda gunakan, alamat IP tersebut mungkin diblokir. Biasanya, penyedia VPN sangat berhati-hati dalam memeriksa alamat IP mereka terhadap daftar hitam, jadi kemungkinan hal ini menjadi masalah bagi Anda sangat kecil.

Sebaliknya, alamat IP statis adalah alamat yang ditetapkan untuk Anda dan hanya Anda. Paling sering, ini diperlukan jika Anda menjalankan server. Biasanya, alamat IP statis digunakan dalam situasi perusahaan dan umumnya tidak praktis untuk akses jarak jauh umum, seperti dari hotel atau cafe. Kecuali Anda memiliki aplikasi tertentu yang Anda tahu memerlukan IP statis, Anda pasti ingin diberi alamat IP dinamis baru untuk setiap sesi VPN yang Anda mulai.

Baca Juga :  Free Fire vs PUBG Mobile Lite Mana yang lebih baik di Android RAM 3 GB?

APA ARTINYA KETIKA LAYANAN VPN TENTANG PERALIHAN SERVER?

Seperti yang kami sebutkan di bagian sebelumnya, saat Anda terhubung ke layanan VPN, Anda biasanya diberi alamat IP dinamis dari kumpulan alamat. Tapi di manakah letak alamat-alamat itu? Mereka terhubung ke server yang berlokasi, biasanya, di seluruh dunia.

Sebagian besar layanan VPN memungkinkan Anda terhubung ke lokasi server di banyak negara berbeda. Di direktori VPN kami, kami mencantumkan jumlah server yang dikelola layanan, serta jumlah negara . Secara default, Anda biasanya akan diberikan server yang berlokasi di negara asal Anda, tetapi jika Anda ingin mengaburkan lokasi Anda, Anda mungkin ingin menyambung ke lokasi server di negara lain.

Peralihan server adalah fitur – yang ditawarkan oleh sebagian besar penyedia layanan VPN – yang memungkinkan Anda untuk mengubah wilayah atau negara mana yang akan Anda sambungkan. Sebagian besar penyedia mengizinkan Anda untuk beralih sesering yang Anda inginkan (meskipun biasanya Anda harus memutuskan sambungan, lalu mengubah konfigurasi, dan menyambungkan kembali). Ini mungkin berguna jika Anda mencoba menyembunyikan lokasi Anda, atau jika Anda mengalami gangguan komunikasi di server yang saat ini Anda gunakan.

DAPATKAH MENGGUNAKAN VPN UNTUK MEMALSUKAN LOKASI ATAU NEGARA ASAL?

Karena server VPN yang Anda sambungkan untuk menyajikan  alamat IP-nya ke aplikasi web apa pun yang Anda gunakan, dengan memilih server yang berlokasi di negara lain, Anda dapat menampilkan koneksi Anda seolah-olah Anda berada di negara lain. Ini mungkin ilegal di wilayah tertentu, jadi berhati-hatilah saat melakukan ini. 

Dalam pengujian saya, beberapa penyedia VPN berhasil menyembunyikan negara asalnya atau fakta bahwa mereka adalah VPN, tetapi yang lainnya tidak. Anda mungkin ingin melakukan beberapa pengujian. 

Baca Juga :  Jenis-Jenis Layanan Internet