Jawaban Mengungkapkan Opini dalam Bentuk Kalimat yang Benar

Jawaban Mengungkapkan Opini dalam Bentuk Kalimat yang Benar

Jawaban Mengungkapkan Opini dalam Bentuk Kalimat yang Benar – Halo sobat, pada artikel kali ini akan disajikan informasi mengenai jawaban mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat yang benar halaman 146  yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018.

Pembahasan jawaban ini bertujuan agar sobat dapat lebih memahami materi tentang cara mengungkapkan opini dan tidak bersifat mutlak. Sobat dapat menjawab sesuai pemahaman sendiri.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, sobat pilih salah satu gambar yang akan dikembangkan. Nah berikut ulasannya !

Jawaban Mengungkapkan Opini dalam Bentuk Kalimat yang Benar Halaman 146

B. Menyusun Opini dalam Bentuk Artikel

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:

(1) mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat yang benar;

(2) menyusun opini dalam bentuk paragraf;

(3) menyusun opini dengan memperhatikan fakta dalam bentuk artikel.

Kegiatan 1

Mengungkapkan Opini dalam Bentuk Kalimat yang Benar

Apakah kamu pernah mengungkapkan pendapat? Bagaimana cara kamu mengungkapkannya? Apakah diungkapkan secara lisan? Atau secara tertulis? Pada subpelajaran ini, kamu akan belajar bagaimana mengungkapkan pendapat/opini dalam bentuk artikel secara tertulis. Namun, sebelum kamu menyusun sebuah opini dalam bentuk artikel, ada beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain struktur artikel opini, argumentasi, dan bahasa yang digunakan.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Sikap Persatuan dan Kesatuan

1. Struktur artikel opini

Kamu tentu sudah membaca artikel opini pada subpelajaran sebelumnya, bukan? Apakah kamu memperhatikan struktur isi artikel tersebut? Artikel tersebut diawali dengan pernyataan pendapat (thesis statement) atau topik yang akan kamu kemukakan. Selanjutnya, kamu kemukakan beberapa argumentasi tentang pendapat atau pandangan

kamu terhadap masalah yang dikemukakan. Pada bagian ini disebut argumentasi (arguments). Bagian akhir artikel berisi pernyataan ulang pendapat (reiteration), yakni penegasan kembali pendapat yang telah dikemukakan agar pembaca yakin dengan pandangan atau pendapat tersebut.

2. Argumentasi

Bagian terpenting dalam artikel opini adalah argumentasi. Argumentasi yang kalian kemukakan harus kuat. Artinya argumentasi harus didukung data aktual karena artikel opini pada umumnya bersifat aktual yang berisi analisis subjektif terhadap suatu permasalahan. Argumentasi yang dibangun harus konstruktif agar pesan dalam tulisan dapat diserap secara baik oleh pembaca. Kemudian, kalian harus memberikan solusi yang komprehensif.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 6 halaman 149 Hikmah Politik Singhasari IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

3. Penggunaan bahasa

Bahasa dalam artikel bersifat ilmiah populer, berbeda dengan Bahasa ilmiah pada umumnya. Penggunaan bahasa penting untuk diperhatikan untuk melihat sasaran pembacanya. Kecenderungan pembaca teks artikel adalah membaca tulisan yang tidak terlalu panjang, mudah dibaca, dan mudah dipahami. Oleh karena itu, pada saat membuat opini, gunakan bahasa yang komunikatif, tidak bertele-tele, dan ringkas penyajiannya.

Dalam menggali gagasan dan argumentasi, gunakanlah kalimat yang efektif, efisien, dan mudah dimengerti. Jika kamu menggunakan istilah asing atau bahasa daerah, buatlah padanan kata dalam bahasa Indonesia. Pada subpelajaran sebelumnya, kamu sudah dapat membedakan antara fakta dan opini penulis dalam sebuah artikel opini. Sekarang, kamu

diminta menjadi seorang penulis artikel dengan mengungkapkan opini atau pendapatnya ke dalam sebuah kalimat yang baik dan benar.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Uji Kompetensi halaman 108 Menghargai Lingkungan dan Budaya Lokal PPKn SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

Tugas 1

Pada kegiatan ini akan disajikan gambar-gambar yang berkaitan dengan isu-isu yang terjadi di dalam masyarakat. Kamu diminta untuk mengungkapkan pendapat terkait dengan gambar tersebut. Namun, sebelum itu, kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Perhatikan gambar yang tersaji berikut ini.

2. Pilih salah satu gambar yang menurutmu mudah dan kamu mengetahui isu yang dimaksud gambar tersebut.

3. Kaitkan gambar tersebut dengan pengetahuan yang telah kamu miliki.

Jawaban :

Opini terkait gambar 3 tentang kebakaran hutan

NoOpini
1Kebakaran hutan bisa jadi merupakan akibat dari keserakahan manusia.
2Keserakahan manusia yang ingin membuka lahan baru untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya tanpa memikirkan dampak buruk yang akan terjadi.
3Dampak langsung ditimbulkan akibat kebakaran hutan akan mengancam kelestarian flora dan fauna yang terdapat di hutan.
4Terbakarnya tumbuhan yang terdapat di hutan akan membuat resapan saat musim penghujan datang sehingga dapat mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor.
5Bagi pelaku kebakaran hutan yang melakukan upaya pembukaan lahan baru seharusnya mendapat hukuman yang setimpal.

Kesimpulan

nah sobat, demikianlah pembahasan mengenai jawaban mengungkapkan opini dalam bentuk kalimat yang benar halaman 146  yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK KELAS XII Edisi Revisi 2018. Semoga artikel ini dapat bermanfaat !

Disclaimer : Pembahasan soal di atas merupakan panduan untuk belajar, jawaban tidak mutlak dan bersifat terbuka sehingga masih dapat dikembangkan.

Baca Juga :