Kapan Harus Menggunakan VPN?

Kapan Harus Menggunakan VPN? – Kami telah membahas penggunaan VPN saat menghubungkan kantor. Setiap kali Anda memiliki dua LAN yang perlu ditautkan melalui internet publik, Anda harus mempertimbangkan untuk menggunakan teknologi VPN atau  metode perlindungan perusahaan yang setara . Dalam kasus ini, perangkat lunak VPN mungkin akan berjalan di router, server, atau perangkat keras server VPN khusus.

Kami membicarakan tentang dua kasus penggunaan di atas untuk layanan VPN konsumen: Melindungi data Anda dan memalsukan lokasi Anda. Kita akan membicarakan lebih banyak tentang spoofing lokasi nanti, jadi mari kita fokus pada perlindungan data untuk saat ini.

Baca juga : Mengenal Jenis dan Layanan VPN

KAPAN SAYA HARUS MENGGUNAKAN VPN?

Saat Anda jauh dari rumah atau kantor dan Anda terhubung ke internet, Anda akan paling sering melakukannya melalui Wi-Fi yang disediakan oleh hotel atau restoran, perpustakaan, atau kedai kopi tempat Anda bekerja. saat. Terkadang, Wi-Fi memiliki kata sandi. Di lain waktu, itu akan terbuka sepenuhnya. Dalam kedua kasus tersebut, Anda tidak tahu siapa lagi yang mengakses jaringan itu, dan oleh karena itu, Anda tidak tahu siapa yang mungkin mengintip lalu lintas Anda.

Baca Juga :  Menggunakan Komputer dengan Aman

Kami merekomendasikan selalu menggunakan VPN saat menggunakan jaringan Wi-Fi orang lain. Berikut aturan praktisnya: Jika Anda jauh dari kantor atau rumah, dan Anda menggunakan Wi-Fi orang lain (bahkan milik anggota keluarga atau teman, karena Anda tidak pernah tahu apakah mereka telah disusupi) , gunakan VPN. Ini sangat penting jika Anda mengakses layanan yang memiliki informasi identitas pribadi. Ingat, banyak hal yang terjadi di balik layar, dan Anda tidak pernah benar-benar tahu apakah satu atau lebih aplikasi Anda diautentikasi di latar belakang dan membahayakan informasi Anda.

Baca Juga :  Patch Terbaru PUBG Mobile, Peta Miramar Baru dan Parasut Darurat

Alasan lain Anda mungkin memilih untuk menggunakan VPN adalah jika Anda menyembunyikan sesuatu. Ini bukan hanya tentang orang yang melakukan hal-hal yang seharusnya tidak mereka lakukan. Terkadang orang benar-benar perlu menyembunyikan informasi. Ambil contoh, orang yang khawatir dia akan didiskriminasi oleh majikan karena orientasi seksual atau kondisi medisnya. Contoh lainnya adalah orang yang perlu online tetapi khawatir tentang mengungkapkan informasi lokasi kepada seseorang yang mungkin menjadi ancaman dalam hidupnya.

Dan kemudian, tentu saja, ada orang-orang di negara-negara yang dibatasi yang perlu menyembunyikan aktivitas mereka hanya untuk mendapatkan akses ke internet tanpa potensi hukuman yang berat.

Baca Juga : Apa itu VPN dan Bagaimana Cara kerjanya? Hal Yang Perlu Anda Tahu

Baca Juga :  Aplikasi Kredit Online Aman Terbaik

APAKAH LAYANAN VPN GRATIS ADA GUNANYA?

Ada beberapa layanan VPN gratis yang bagus , akan tetapi akan lebih baik jika menghindari semua VPN gratis . Mengapa? Membutuhkan biaya yang cukup banyak untuk menyediakan infrastruktur untuk mengoperasikan layanan VPN, dari pipa jaringan hingga server. Infrastruktur itu entah bagaimana harus dibayar. Jika tidak dibayar oleh biaya pengguna, kemungkinan besar akan dibayar dengan iklan, pengumpulan data, atau alasan yang lebih buruk.

Berikut alasan lain untuk tidak menggunakan layanan gratis, dan yang ini jauh lebih menakutkan: Penyedia malware dan organisasi kriminal telah menyiapkan layanan VPN gratis yang tidak hanya tidak melindungi Anda tetapi juga secara aktif mengambil informasi pribadi dan menggunakannya atau menjualnya kepada penawar tertinggi. Bukannya dilindungi, Anda malah dijarah.

Baca Juga : Cara Memasang VPN di Windows, Mac, iOS, dan Android