Mengenal E-Mail

Berita Warganet – Mengenal E-Mail. E-mail merupakan salah satu layanan internet yang sangat populer. E-mail adalah singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia dapat diartikan surat elektronik. Melalui e-mail ini, para pemakai internet dapat berkomunikasi, mengirim gambar, berita, atau data berupa file sebagai lampiran tanpa menggunakan kertas. Kalian dapat pula menerima berita secara rutin dari grup diskusi (mailinglist) yang sebelumnya kalian telah mendaftar.

Supaya kalian dapat memiliki alamat e-mail, maka kalian harus menghubungi penyedia layanan e-mail di internet, pola dasarnya seperti nama@tempat. Bagi kalian yang belum memiliki alamat e-mail, dapat mendaftarkan diri untuk mendapat e-mail gratis seperti yang disediakan di www.yahoo.com, www.mailcity.com, www.excite.com, www.hotmail.com, dan lain-lain.

Pertimbangan untuk memiliki alamat email

  1. Kalian harus memperhatikan kemampuan layanan server e-mail, apakah memberi layanan e-mail 24 jam atau dalam jangka waktu tertentu, agar tidak akan menyulitkan kalian dalam mengakses internet.
  2. Jika pemakai adalah orang yang sering berpergian jauh, maka ia membutuhkan layanan e-mail yang dapat diakses kapan dan di mana saja.
  3. Bagi pemakai yang banyak berkirim atau menerima e-mail maupun file-file dalam ukuran besar, maka ia membutuhkan ukuran mailbox yang cukup besar .

Aturan dalam membuat e-mail

  1. Ukuran file diusahakan sekecil mungkin, jika membutuhkan ukuran yang besar, maka kalian tempatkan di lampiran tersendiri.
  2. Tulisan tidak ditulis dengan huruf kapital, karena huruf kapital menunjukan kondisi sedang marah.
  3. Untuk mengirim gambar, kalian harus memperhatikan isinya, jangan sampai mengirim gambar porno karena dapat dinilai melecehkan dan juga tidak sesuai dengan nilai-nilai agama.
  4. Materi tulisan tidak perlu panjang, sehingga tidak perlu basa-basi seperti dalam tulisan surat biasa. Hal ini dimaksudkan dalam rangka penghematan.
Baca Juga :  Kabar Gembira, Diskon 50 % Tarif Listrik PLN Sampai Juni 2021, Berikut Ketentuanya

Jenis-Jenis e-mail

POP mail

POP mail adalah e-mail yang diterima dari Internet Service Provider (ISP) langganan.

Kelebihan:

 E-mail dapat dibaca secara offline (tidak tersambung ke internet).

 Seluruh e-mail dapat di-download dari server alamat e-mail untuk dibaca secara offline.

 Dapat menghemat biaya akses internet, karena e-mail dibaca secara offline.

 Penulisan surat balasan dapat dibuat secara offline menggunakan e-mail client seperti Eudora atau Microsoft Outlook Express. Kemudian untuk mengirimkannya, hubungkan kembali komputer ke internet, lalu tekan Send.

Kekurangan:E-mail tidak dapat dibuka di sembarang tempat atau komputer, karena perlu pengaturan ulang.

Web Based E-mail

Web Based E-mail adalah e-mail yang diakses melalui halaman web. E-mail jenis ini ditawarkan oleh situs-situs penyedia layanan e-mail seperti Yahoo, Google, Hotmail, Plasa, dan lain-lain.

Kelebihan:

 E-mail ini dapat diperoleh secara gratis.

 E-mail dapat dibaca dari komputer manapun.

 E-mail dapat dibuka dari browser manapun.

Kekurangan:

 E-mail hanya dapat dibaca secara online (terhubung ke internet).

 Membutuhkan biaya akses internet yang lebih besar.

E-mail Forwarding

E-mail Forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima kepadanya ke alamat e-mail lain.

Kelebihan:

 E-mail ini bermanfaat bagi orang yang suka mengganti alamat e-mail.

 Dapat menyembunyikan alamat e-mail saat mengirim e-mail.

 Tidak perlu memberitahu alamat e-mail yang baru, hanya memberikan alamat e-mail forwarding-nya saja.

Kekurangan:

Karena bersifat sebagai perantara, e-mail ini membutuhkan waktu lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya.