Penerima Kartu Prakerja Gelombang 16 Telah Diumumkan Lewat SMS, Apa Sobat Menerima ?

Berita Warganet – Penerima Kartu Prakerja Gelombang 16 Telah Diumumkan Lewat SMS, Apa Sobat Menerima ?

” Selamat bagi Sobat yang telah mendapat SMS pengumuman sebagai penerima Kartu Prakerja Gelombang 16! ” Ucapan selamat akun Instagram prakerja.go.id.

Pengumuman Penerima Kartu Prakerja gelombang ke 16 sudah disampaikan melalui akun Instagram resmi milik prakerja.go.id, siang tadi ( 31/03/2021 ).

Baca Juga Kabar Gembira, BLT UMKM Akan Dimulai Maret 2021, Berikut Cara Mendapatkan dan Syarat Penerima, Berispalah dapat 2,4 Juta

Dalam keteranganya akun tersebut juga menyampaikan langkah – langkah dalam mengikuti pelatihan dengan Karu Prakerja, adapun langkah yang disampaikan oleh prakerja.go.id dalam akun sintagramnya adalah sebagai berikut :

  1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia
  2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia
  3. Sobat harus menonton video tentang Kartu Prakerja yang ada di dashboard sebelum membeli pelatihan pertama
  4. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu
  5. Beli pelatihan dan bayar dengan Nomor Kartu Prakerja
  6. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut
Baca Juga :  Link Download Twibbon EURO 2020, Selengkapnya Disini !!

Baca Juga : Cek di dtks.kemensos.go.id, 17 Juta Orang Dapat Bansos

Disana juga disampaikan bahwa nomer kartu prakerja bisa digunakan untuk pembelian pelatihan.

” Bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Karena itu, Sobat akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan.” Dikutip dari akun instagram prakerja.go.id.

Baca Juga :  Daftar Alamat JNE di Magelang, Wonosobo, Surakarta - Jawa Tengah

Tidal hanya itu saja, pesan yang disampaikan berikutnya berupa pentingnya menjaga kerahasiaan Nomer Kartu Prakerja yang telah didapatkan oleh penerima Kartu Prakerja.

Baca Juga Link Resmi Pendaftaran Gelombang 13 Kartu Prakerja

“Jangan lupa, jaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja milik Sobat, ya!”

Prakerja.go.id melalui akun Instagram pada Rabu 31 Maret 2021 juga menyampaikan bahwa pengiriman dana ke akun Prakerja akan dilakukan secara bertahap.
ㅤㅤㅤㅤ
“Saat ini, kami sedang mengirimkan dana ke akun Prakerja Sobat secara bertahap. Bila dananya belum tersedia, silakan cek kembali akun Prakerja Sobat secara berkala, ya.

Baca Juga :  Download Rangkuman khutbah Idul Adha 1442 H / 2021 M Format Ms Word

Tidak hanya itu pesan berikutnya yang disampaikan adalah dalam memilih pelatihan di lakukan secara bisaj serta perlu dilakukan dengan seksama, sebab kesempatan untuk mengikuti program Prakerja hanya satu kali.

Dikutip dari kompas.com bahwa jumlah kuota penerima Kartu Prakerja untuk gelombang 16, hanya tersedia untuk 300.000 NIK saja. Hal ini karena gelombang 16 merupakan gelombang terakhir di semester 1 tahun 2021.

Sebanyak 2,4 juta orang telah direkrut dari gelombang 12-15.

Adapun Target pada semester 1 sebanyak 2,7 juta orang. Maka jika kuota 300.000 orang yang terekrut pada gelombang 16 tercapailah target rekrutmen di semester 1 ini.