Peralatan Penyimpanan (Storage Device)

Berita Warganet – Peralatan Penyimpanan (Storage Device) .  Peralatan Penyimpanan (Storage Devices) merupakan media yang dapat menyimpan data, informasi, instruksi maupun program, baik secara permanen maupun sementara yang suatu saat dapat diambil kembali. Beberapa perangkat penyimpanan adalah sebagai berikut.

Harddrive / Harddisk

Harddrive merupakan peralatan utama di dalam komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi dalam kapasitas yang besar. Kapasitas harddrive di antaranya 540 MB , 850 MB, 1,2 GB, 1,5 MB, 1,7 MB, 2,1 GB, 3,2 GB, 4 GB, 10 GB, 20 GB, 120 GB, dan seterusnya. Harddrive biasa disebut juga sebagai harddisk, Harddisk Drive atau Fixed Disk Drive. Hard disk secara magnetik akan menyimpan data dalam stack disk yang berputar yang disebut Platter.

Sebuah harddisk mempunyai beberapa kepala/ Jarum yang dapat membaca dan menyimpan data di dalam disk. Merk harddisk yang biasa digunakan di antaranya adalah Quantum, Seageate, Maxtor, dan WDC.

Baca Juga :  Twibbon Hari Buku Sedunia Keren

Removable Disk (Tempat penyimpaan yang dapat dibawa)

Removable disk adalah peralatan untuk memyimpan data dalam kapasitas besar dalam peralatan yang dapat dibawa-bawa. Jenis ini digunakan untuk melakukan back up (cadangan), keamanan, atau untuk transfer data dari satu komputer ke komputer yang lain. Ada beberapa tipe removable disk yang populer di antaranya adalah sebagai berikut.

Floppydisk / Floppy Drive / disket

Floppydisk menyimpan data secara magnetik. Floppydisk dapat digunakan untuk mentransfer data dari satu komputer ke komputer yang lain. Terdapat dua jenis kapasitas disket sebagai berikut.

(1) Double Density (DD)

Disket ini ada yang mempunyai ukuran 5 ¼ inchi dengan kapasitas 360 kilobyte dan ukuran 3 ½ inci dengan kapasitas 720 kilobyte.

(2) High Density (HD)

Disket ini ada yang mempunyai ukuran disket 5 ¼ inci dengan kapasitas 1,2 megabyte dan ukuran 3 ½ inci dengan kapasitas 1,44 megabyte. Disket yang banyak digunakan sekarang adalah jenis HD dengan ukuran 3 ½ inci dan kapasitas 1,44 MB

Flashdisk

Flashdisk merupakan alat penyimpanan yang banyak digunakan saat ini, keberadaanya menggeser fungsi disket. Flash disk memiliki ukuran yang kecil dengan kapasitas lebih besar dari disket, mulai dari 128MB, 256 MB, 512 MB, 1 GB sampai dengan 16 GB. Flashdisk dapat bekerja jika dihubungkan dengan USB (Universal Serial Bus) yang sudah terpasang di CPU. Merk (Universal Serial Bus) yang banyak beredar di antaranya adalah Nexus, Apacer, MyFlash, dan Kingston.

Baca Juga :  Cara Mengunduh Peta Offline di Google Maps

CD-ROM Drive (Compact Disk Read Only Memory)

Read Only artinya kamu tidak dapat mengganti informasi yang ada di dalam disk tersebut. CD-ROM adalah sebuah peralatan yang dapat membaca informasi yang disimpan di dalam Compact Disk (CD). CD merupakan media penyimpanan yang mampu menyimpan data antara 600 sampai dengan 700 MB.

CD-R Drive (Compact Disk Recordable)

CD-R adalah sebuah peralatan untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sebuah CD. CD-R juga dapat membaca dari CD-ROM. Kamu dapat menggunakan CD-R ini untuk menyimpan data sampai dengan 650 MB dalam satu disk. Hal ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah memindahkan data seperti program aplikasi, data multimedia ke dalam komputer lainnya.

Baca Juga :  Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Kamu

DVD-ROM Drive

DVD singkatan dari Digital Versatile Disk Read Only Memory. DVD Drive adalah peralatan untuk membaca informasi yang disimpan di dalam DVD disk atau CD disk. DVD merupakan media penyimpanan yang mempunyai ukuran dan bentuk seperti CD, namun DVD memiliki kapasitas lebih besar yakni bisa mencapai 17 GB. Berikut format-format DVD yang biasa digunakan

  1. DVD-R : DVD-Recordable
  2. DVD-RW : DVD-Re-Writeable
  3. DVD-RAM : DVD-Random Access Memory

Perangkat Tambahan/ Pendukung (Pheripereal)

Selain perangkat keras masukan, proses, keluaran,dan perangkat penyimpanan, terdapat pula perangkat tambahan atau pendukung (Pheriperal) yang biasa digunakan untuk menambah fungsi tertentu pada komputer. Perangkat tambahan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

Modem

Modem merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengakses internet. Modem bekerja dengan mengubah gelombang analog menjadi gelombang sinyal digital dari kabel telepon sehingga komputer dapat terhubung dengan internet.

TV Turner

TV Turner Card merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan gambar dari chanelchanel atau stasiun TV

Sound Card

Sound Card merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menampilkan suara dalam komputer yang kita gunakan

Lan Card

Lan Card merupakan perangkat keras yang dapat digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan lokal antar komputer, jika LAN CARD dipasang maka komputer dapat melakukan komunikasi antar komputer dalam suatu lokasi tertentu.