Mengenal Perangkat Keras Keluaran (Output) pada Komputer

Berita Warganet – Mengenal Perangkat Keras Keluaran (Output)  pada Komputer . Berdasarkan pengolahan datanya, perangkat keras komputer terdiri atas perangkat keras masukan, perangkat keras pemroses, dan perangkat keras keluaran. Kali ini kita akan membahas tentang perangkat keras keluaran (output) pada komputer.

Pengertian Perangkat Keras Keluaran (Output)

Perangkat Keras Keluaran (Output) merupakan perangkat yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh CPU. Perangkat ini di antaranya adalah Monitor , Printer, Speaker.

Monitor dan Kartu Video (Video Card)

Monitor dan kartu Video bekerja bersama-sama untuk menampilkan teks dan gambar dalam layar monitor. Layar Monitor adalah area tampilan dalam sebuah monitor. Monitor merupakan alat tampilan hasil kerja (output). Seperti halnya layar TV yang kamu lihat setiap hari, monitor akan menampilkan apa saja yang kamu ketik.

Kartu Video adalah sebuah papan sirkuit yang di pasangkan pada slot yang ada di dalam komputer. Kartu Video akan menterjemahkan perintah dari komputer ke dalam bentuk yang dapat dimengerti di layar monitor.

Ukuran Monitor merupakan panjang diagonal dari layar monitor, umumnya ukuran Monitor adalah 14, 15, 17, dan 21 Inci. Semakin besar layar monitor maka harganya semakin mahal.

Jenis-Jenis Monitor

Monitor terbagi menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut:

1) CRT (Cathode Ray Tube) adalah jenis monitor berbentuk tabung, karena menggunkana tabung display

2) LCD (Liquid Crystal Display) adalah jenis monitor yang memiliki permukaan datar, ukuran simpel dan penggunaan daya yang sangat rendah.

Perhatikan gambar berikut!

 

Gambar a merupakan LCD screen dan b merupakan CRT screen.

Baca Juga :  Review Nubia Red Magic 5S

Printer

Printer adalah alat cetak informasi atau hasil kerja komputer. Sebuah Printer dapat mencetak dokumen informasi yang tampil di layar monitor. Kecepatan sebuah printer ditentukan dari seberapa cepat printer tersebut dapat mencetak halaman yang kita pilih.

Kecepatan diukur dengan menggunakan PPM (Pages Per Minutes), berapa halaman dapat dicetak dalam satu menit. Sebuah halaman yang rumit seperti halaman yang penuh dengan gambar, akan memakan waktu lebih lama untuk di cetak daripada halaman yang hanya berisi Teks.

Resolusi dari sebuah printer menentukan kualitas gambar yang dihasilkan. Semakin tinggi resolusi printer maka gambar yang dihasilkan akan lebih tajam dan ditelnya akan kelihatan lebih jelas. Resolusi printer diukur dengan dpi (dot per inch). Sebuah printer dengan resolusi 600 dpi biasanya sudah cukup bagus untuk dokumen text, dan 1200 dpi untuk mencetak gambar. Merk printer yang biasa digunakan diantaranya HP, Cannon, Epson, Lexmark dan sebagainya.

Jenis-Jenis Printer

1) Printer Dot Matrix

Printer dot matrix merupakan jenis printer yang proses pencetakannya menggunakan jarum-jarum dan biasanya menggunakan pita.

2) Printer Desk Jet

Printer deskjet merupakan printer yang proses pencetakannya cepat dan menggunakan tinta (ink) dengan cara disemprot. Printer ini dapat mencetak dokumen dengan kualitas yang baik dengan harga yang terjangkau.

3) Printer LaserJet

Printer laserjet merupakan jenis printer yang mirip dengan mesin fotocopy. Ciri printer ini adalah tinta yang menggunakan toner, mempunyai kecepatan yang sangat tinggi dan suara yang tidak bising. Printer ini ideal digunakan untuk kepentingan pencetakan dokumen untuk kepentingan bisnis dan pekerjaanpekerjaan grafik yang profesional.

4) Printer Foto

Printer foto merupakan jenis printer berwarna yang dapat mencetak foto dengan resolusi tinggi dan kemampuan warna yang bervariasi. Beberapa printer dapat digunakan tanpa harus terhubung ke komputer dengan hanya menggunkan kartu memori atau konektor USB.

Baca Juga :  Tombol Fungsi pada Keyboard

Speaker

Speaker adalah alat output suara. Merk speaker yang biasa diguanakan di antaranya adalah asus, Philips, Genius, dan Turando