Perangkat Lunak Komputer

Berita Warganet- Perangkat Lunak Komputer. Perangkat Lunak Komputer (Software) Perangakat keras pada komputer tidak dapat bekerja tanpa adanya perintah-perintah khusus yang memerintahkannya untuk menjalankan suatu operasi. perintah-perintah tersebut dikelompokkan dalam suatu perangkat lunak.

Apa itu Preangkat Lunak Komputer (Software)?

Perangkat Lunak Komputer (Software)  adalah perintah-perintah yang dapat menjalankan perangkat lunak. Perangkat lunak tersebut dibuat secara sederhana, sistematis, dan masuk logika oleh orang yang ahli dalam pembuatan perangkat lunak. Orang tersebut dinamakan Programmer.

Programmer adalah orang yang membuat program sesuai dengan spesifikasi yang diberikan system analis dan system design. Manusia dapat berperan sebagai perancang program-program yang menjadi “nyawa” bagi perangkat hardware, program tersebut dapat berupa program aplikasi, bahasa pemrograman maupun program-program lainnya. Program-program yang dirancang berupa perangkat lunak komputer

Baca Juga :  Cara Menonaktifkan OneDrive di Windows 11 Dengan Mudah

Penggolongan Perangkat Lunak Berdasarkan Fungsinya

Berdasarkan fungsinya, perangkat lunak digolongkan dalam dua kelompok besar, yaitu perangkat lunak Sistem Operasi (Operating System) dan perangkat lunak aplikasi (Application Software).

Sistem Operasi (Operating System)

Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah sistem perangkat lunak yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasioperasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata (Contohnya Microsoft Word).

Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan softwaresoftware lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke harddisk dan manajemen memori, Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Autentikasi 2 Faktor Instagram

Sistem Operasi adalah penghubung antara hardware dan software. Lebih jauh daripada itu, Sistem Operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem Operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka Sistem Operasi mengatur skedule yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu. Sistem operasi-sistem operasi utama yang digunakan komputer yang digunakan saat ini terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu :

Baca Juga :  Aplikasi Trading Online Terbaik

Keluarga Microsoft Windows

Keluarga Microsoft Windows antara lain terdiri atas Windows Desktop Environment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), dan Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7 (Seven) yang akan dirilis pada tahun 2009, dan Windows Orient yang akan dirilis pada tahun 2014).

Berikut contoh tampilan windows vista :

Keluarga Unix

Keluarga unix yang menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Distribution), GNU/Linux, MacOS/X (berbasis kernel BSD yang dimodifikasi, dan dikenal dengan nama Darwin) dan GNU/Hurd.

Mac OS

Mac OS, adalah sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macintosh. Sistem operasi yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.4 (Tiger). Awal tahun 2007 direncanakan peluncuran versi 10.5 (Leopard).