Persyaratan Tumbuh Tanaman Hias

Tanaman hias pot dan potong dapat tumbuh secara optimal apabila terpenuhi persyaratan tumbuhnya. Adapun persyaratan tumbuh tanaman hias yaitu meliputi keadaan iklim dan tanah.

Iklim

Iklim seperti cahaya/sinar matahari, photoperiodesitas, suhu/temperatur, merupakan faktor-faktor yang dapat menentukan pertumbuhan tanaman hias untuk dapat tumbuh dengan baik.

Faktor cahaya/sinar matahari

Cahaya/sinar matahari yang diperlukan oleh tanaman hias pot dan potong sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman terutama kualitas, kuantitas dan lama penyinaran.

1) Kualitas

Kualitas cahaya matahari ditentukan oleh panjang gelombang terbanyak yang terkandung dalam cahaya; yang dapat mencapai permukaan bumi. Kualitas cahaya sangat mempengaruhi fotosintesis tanaman, cahaya dengan gelombang pendek ( spektrum biru ) mempunyai energi lebih besar dan cahaya dengan gelombang panjang ( spektrum merah ) energi yang dimiliki lebih kecil, sehingga hanya spektrum biru dan merah saja yang paling berpengaruh dalam pertumbuhan tanaman.

2) Kuantitas ( Intensitas )

Setiap tanaman memerlukan kebutuhannya sendiri-sendiri terhadap cahaya untuk dapat memproduksi karbohidrat secara maksimum. Apabila jumlah cahaya yang diterima menurun maka pembentukan karbohidrat juga menurun. Kondisi seperti ini jika berlangsung terus dan penurunannya hingga mencapai batas keseimbangan antara jumlah karbohidrat yang terbentuk dengan yang dipakai untuk respirasi, sehingga tidak ada lagi yang tersisa untuk pertumbuhan dan pembentukan organ baru. Kondisi seperti ini membuat tanaman dapat mengalami dormansi/aktivitas pertumbuhan akan berhenti. Jika kondisi ini di bawah batas sesuai/keseimbangan maka tanaman tidak dapat mempertahankan hidupnya lagi/mati.

Baca Juga :  Fino 125 Sporty Produk Yamaha Awal 2021 Dengan Tampilan Biru Kebangganya

Jika suatu tanaman dapat berada pada suatu batas kejenuhan cahaya maka proses fotosintesis akan berjalan dalam keadaan maksimum. Apabila kondisi berada di atas batas ini maka proses fotosintesis tidak menjadi bertambah besar/tetap meskipun intensitas cahayanya bertambah. Jadi intensitas cahaya yang dibutuhkan untuk proses fotosintesis adalah dalam kondisi pada batas maksimum, dengan catatan bahwa kondisi temperatur, kelembaban, dan faktor-faktor lain dalam keadaan seimbang/optimal bagi kebutuhan pertumbuhan tanaman.

Faktor photoeriodesitas

Fotoperiodesitas merupakan peristiwa pergantian periode terang dan periode gelap yang dirasakan setiap hari oleh tanaman hias yang dapat mempengaruhi pembungaan. Hari pendek dan hari penjang dapat terjadi bersamaan dengan musim, sesuai jauh dekatnya suatu tempat dari garis katulistiwa. Pada umumnya tanaman tropis dekat dengan garis katulistiwa, tanaman hias bunga membutuhkan hari panjang maka akan lebih banyak menghasilkan bunga yang indah.

Baca Juga :  Download Rangkuman Modul PPG Bahasa Indonesia PGSD

Faktor suhu/temperatur

Suhu/temperatur di Indonesa relatif tetap dengan perngecualian di daerah pegunungan rata-rata lebih dingin dari pada di dataran rendah. Berdasarkan suhu di daerah/tempat maka jenis tanaman hias dibedakan menjadi dua yaitu tanaman di daerah dingin dan tanaman di daerah panas. Suhu/temperatur pada siang hari akan mencapai puncaknya dan kemudian akan menurun sampai malam hari. Pertumbuhan dan pernafasan tanaman akan berlangsung terus meskipun pada malam hari sehingga suhu/ temperatur pada malam hari tetap tinggi,dan pemakaian hasil fotosintesis yang diperoleh pada waktu siang hari akan habis terpakai, sehingga tidak tersisa cadangan karbohidrat yang sangat diperlukan untuk proses pembentukan bunga.

Tanah/media tanam

Dalam menumbuhkan tanaman hias di dalam pot yang perlu diperhatikan adalah ruang perakaran terbatas hanya dalam pot. Tugas akar-akar tanaman melakukan aktivitas diantaranya adalah pernafasan sehingga adanya pertukaran udara melalui lubang di permukaan pot sangat diperlukan. Untuk memilih media tumbuh tanaman hias pot dan potong memiliki persyaratan seperti subur, gembur, banyak mengandung bahan organik/ humus, aerasi dan drainase tanah/media tanamnya baik dan derajad keasaman / PH tanah netral. Dengan demikian maka perlu memperhatikan hal- hal yang meliputi sifat-sifat seperti adanya pertukaran udara, kemampuan menahan air, keseragaman ukuran butir tanah, kandungan nutrisi, dan PH tanah/media tanam.

Baca Juga :  Cek di dtks.kemensos.go.id, 17 Juta Orang Dapat Bansos

Pembuatan media tanam untuk tanaman hias pot harus diperhatikan dengan menyesuaikan kebutuhan dari masing-masing jenis tanaman, tetapi pada prisipnya proses drainase harus berjalan dengan baik, hal ini tentunya tidak lepas dari peranan pot/wadah sebagai sarana yang juga digunakan. Pot harus mempunyai lubang drainase yang berfungsi untuk membuang/jalan mengalirnya kelebihan air yang tidak digunakan oleh tanaman.

Baca lainya

Pencarian Populer : persyaratan media tumbuh tanaman hias