Wikipedia Akan Luncurkan layanan berbayar untuk Perusahaan

Wikipedia Akan Luncurkan layanan berbayar untuk Perusahaan – Wikipedia meluncurkan layanan berbayar dalam upaya membebankan biaya kepada perusahaan teknologi besar atas akses ke kumpulan informasinya. Meskipun ensiklopedia dijalankan oleh organisasi nirlaba yang beroperasi berdasarkan donasi, menjaga sumber daya online yang penting tetap gratis untuk pengguna umum, ensiklopedia sedang mempersiapkan produk komersial untuk akhir tahun ini, lapor Wired. Menurut halaman pendaftarannya, Wikimedia Enterprise akan menyediakan alat dan layanan pengembang berbayar kepada perusahaan dan organisasi yang menggunakan dan menerbitkan ulang info dari basis datanya. 

Saat ini, orang-orang seperti Google, Facebook, Apple dan Amazon menggunakan kumpulan data publik yang sama yang tersedia bagi pengguna umum untuk menyimpan hasil pencarian mereka dan memberi tenaga pada asisten virtual mereka. Namun di masa mendatang, mereka yang membayar untuk alat perusahaan akan mendapatkan dump data yang dibuat khusus yang menawarkan perubahan waktu nyata dalam format yang kompatibel. Wikimedia Enterprise juga akan menyediakan layanan pelanggan, termasuk tim ahli teknis, dan akan bekerja dengan waktu pengiriman proyek yang ketat.

Pembicaraan dilaporkan sedang berlangsung antara anak perusahaan baru Wikimedia LLC dan empat raksasa teknologi dan kesepakatan komersial diharapkan akan tercapai secepatnya pada bulan Juni. Perusahaan ini pernah mengalami banyak masalah dengan teknologi besar di masa lalu, terutama ketika Google gagal mencoba menerobosnya dengan meluncurkan situs saingan, yang dijuluki Knol, yang membayar kontributor dengan sedikit uang iklan. Sementara itu, Wikipedia mencoba mengambil alih internet goliath dengan proyek-proyeknya sendiri yang hancur termasuk situs yang dirancang untuk memerangi berita palsu dan jejaring sosial.

Perjanjian lisensi pada dasarnya akan membuka sumber pendapatan baru untuk Wikimedia Foundation, organisasi nirlaba yang berbasis di San Francisco yang menjalankan ensiklopedia. Organisasi ini mencapai penggalangan dana puncakpada tahun 2019 dengan pendapatan lebih dari $ 120 juta, sementara biayanya mencapai lebih dari $ 91 juta. Wikipedia, yang merayakan hari jadinya yang ke-20 pada bulan Januari, sangat bergantung pada bantuan sukarelawan dari masyarakat umum untuk membantu mengedit situsnya

Baca Juga :  Menggunakan Komputer dengan Aman