Aplikasi Grafis dan Pemrograman pada Linux

Aplikasi Grafis

Desain grafis adalah bentuk komunikasi visual dalam bentuk gambar. Tujuannya adalah agar informasi dapat disampaikan secara jelas dan efektif. Komponen atau materi disain grafis sebenarnya tidak hanya sebatas gambar, namun mencakup teks artistik, perpaduan warna, foto, dan efek. Aplikasi untuk membuat desain grafis pada sistem Linux cukup banyak, antara lain GIMP, Scribus, dan Inkscape. Untuk melihat hasil karya desain grafis atau melihat file-file gambar, Anda dapat menggunakan aplikasi Image Viewer.

GIMP

GIMP adalah sebuah perangkat lunak disain grafis yang berjalan pada sistem operasi Linux. GIMP singkatan dari GNU Image Manipulation Program. Aplikasi ini dapat Anda gunakan untuk mengolah photo, menggambar, mengubah format gambar dan sebagainya. Fitur-fitur yang dimiliki GIMP antara lain:

  • Pengolah gambar, artinya tools yang dimiliki GIMP seperti pencil, brush, air brush dan lain-lain dapat Anda gunakan untuk menggambar. GIMP juga memiliki tool anti aliansing, editor gradien, blend, dan lain-lain untuk memperbaiki kualitas gambar.
  • Animasi, artinya GIMP dapat Anda gunakan untuk membuka dan menyimpan file-file animasi dalam format frame sebagai layer.
  • Penanganan file, artinya GIMP mampu membaca file dalam berbagai format seperti psd, gif, jpg, bmp, ps, dan png.

Anda dapat mengaktifkan aplikasi GIMP melalui menu Application → Graphics → GIMP. Pada saat pertama kali terbuka, jendela GIMP tidak secara otomatis tampil secara utuh seperti aplikasi desain grafis lainnya. GIMP hanya akan menampilkan kotak tools, area kerja dan panel-panel khusus.

Scribus

Scribus termasuk perangkat lunak desktop publishing, yaitu perangkat lunak untuk membuat file-file publikasi. Dengan Scribus Anda dapat membuat kartu nama, pamflet, spanduk, katalog, dokumentasi teknis dan lain-lain. Scribus yang dapat berjalan pada sistem operasi Linux memiliki banyak kemampuan, antara lain:

  • mendukung CMYK color, yaitu pemformatan warna yang mengkombinasikan 4 warna dasar yaitu cyan, magenta, yellow dan black.
  • mendukung separasi
  • mampu mengekspor file menjadi PDF
  • mendukung format gambar vektor seperti AI, EPS, dan SVG
  • mendukung hingga 27 bahasa.
Baca Juga :  Mengenal Window Manager pada Linux

Inscape

Inkscape merupakan aplikasi desain grafis berbasis vektor yang berjalan pada sistem operasi Linux. Gambar vektor adalah gambar yang dibuat berdasarkan persamaan matematis, yaitu menghubungkan titik-titik hingga menjadi sebuah objek. Beberapa keunggulan Inkscape adalah:

  • mendukung format aplikasi berbasis vektor lainnya seperti cdr, svg, dan esp
  • kode sumbernya terbuka
  • menghasilkan gambar dengan kualitas yang baik
  • mampu membuat gradasi yang halus

Sebagai aplikasi berbasis vektor, Inkscape sangat cocok digunakan oleh perusahaan atau perorangan menekuni bidang desain grafis.

Image Viewer

Image viewer adalah aplikasi untuk melihat koleksi gambar dan foto. Aplikasi ini menjadi kebutuhan dasar bagi komputer yang memiliki fungsi multimedia. Pada komputer yang menggunakan sistem operasi Linux, Anda dapat menjalankan image viewer dengan memilih menu Application → Graphics → GpicView Image Viewer.

Aplikasi-Aplikasi Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah perintah atau instruksi yang ditulis oleh manusia untuk komputer dan menggunakan kode-kode yang dapat dibaca oleh komputer. Dengan bahasa pemrograman, seorang programer akan lebih mudah mendefinisikan dan mengatur hal-hal yang akan dikerjakan oleh komputer. Banyak bahasa pemrograman yang telah dimanfaatkan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi, antara lain C++, Pascal, Java, Assembly, Perl, Pyton, PHP, Basic, dan lain-lain. Untuk menulis perintah atau sintaks dalam bahasa pemrograman, Anda membutuhkan sebuah editor, baik editor visual maupun editor teks. Menu Programming pada GNOME berisi editor-editor semacam itu.

Gambas

Gambas adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membangun aplikasi menggunakan bahasa Basic. Gambas dikembangkan oleh Benoît Minisini sejak 1999 dan merupakan perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi GNU/GPL. Fitur-fitur yang dimiliki Gambas mirip dengan fitur Visual Basic yang ada di sistem operasi Microsoft Windows. Dengan begitu, Anda yang terbiasa menggunakan Visual Basic tidak akan menemui banyak kesulitan saat menggunakan aplikasi gratis ini. Contoh :  aplikasi point of sale yang dapat kita jumpai di kasir-kasir supermarket dan aplikasi pembelian tiket pesawat atau kereta.

Baca Juga :  Aplikasi Perkantoran pada Linux

Quanta Plus

Untuk membuat halaman web, Anda harus menggunakan bahasa HTML (Hyper Text Markup Language). QuantaPlus merupakan salah satu editor bahasa HTML yang berjalan di sistem operasi Linux. Aplikasi ini memiliki banyak kelebihan karena memiliki banyak fitur untuk mempercepat pembuatan objek tertentu, seperti tabel, frame, dan format tulisan dan lain-lain. Selain itu, QuantaPlus bersifat open source dan dapat kita peroleh secara gratis dengan mendownload di Internet.