Aplikasi Multimedia dan Utility pada Linux

Aplikasi-Aplikasi Multimedia

Aplikasi multimedia adalah perpaduan antara aplikasi teks, audio, gambar dan video yang dapat dijalankan di komputer. Pada masa awal-awal, komputer tidak ubahnya seperti mesin ketik dan kalkulator yang dapat menghitung dalam kapasitas yang besar. Komputer yang kita gunakan saat ini ternyata tidak hanya mempermudah pekerjaan, namun telah mengubah perilaku kerja manusia. Komputer dapat digunakan untuk mengolah gambar, suara, bahkan video. Untuk keperluan semacam itu, kita membutuhkan aplikasi-aplikasi multimedia seperti yang akan kita bahas berikut ini.

Audacious

Perkembangan dunia rekaman telah bergeser dari format analog ke format digital. Di masa lalu, kita mengenal piringan hitam dan kaset di industri rekaman. Sekarang telah muncul dalam format cakram digital atau CD dan format MP3 yang dikenal luas oleh masyarakat. Selain itu, masih ada format-format musik digital lainnya seperti ogg dan wav.

Di Linux, Anda dapat dapat membaca file audio digital tersebut menggunakan perangkat lunak Audacious. Fungsi Audacious mirip dengan Winamp yang mungkin sudah Anda kenal terlebih dahulu, yakni sebagai pemutar atau player file-file audio. Selain Audacious, anda dapat juga menggunakan Xmms, Totem Media Player, KsCD dan Noatun.

Untuk memasukkan daftar lagu yang akan diputar, Anda cukup menekan tombol ADD. Audacious akan mengarahkan Anda ke file browser sehingga Anda dapat file lagu-lagu yang ingin Anda putar. Tombol Play, Stop, Previous, Next dan Pause diletakkan di bagian atas panel.

Totem

Totem movie player adalah aplikasi untuk memutar file-file video. Format file video yang dapat diputar oleh Totem antara lain avi, flv, dan mpeg. Sebagai pemutar video, Totem sangatlah mudah digunakan. Aplikasi ini dapat memutar secara langsung dari VCD maupun DVD. Anda tinggal memasukkan CD/DVD ke dalam drivenya lalu memilih menu Movie dan Open location.

Baca Juga :  Aplikasi-Aplikasi Internet pada Linux

Audacity

Kegiatan produksi audio atau editing audio meliputi rekaman, editing, finishing dan publishing. Sebelum merilis keping CD berisi file musik yang dapat kita dengarkan, perusahaan rekaman mengerjakan aktivitas yang dinamakan input data atau rekaman. Hasil rekaman ini tidak langsung direkam ke dalam cakram CD, namun diedit atau di-mixing terebih dahulu agar kualitas suaranya lebih baik.

Di Linux, kita dapat menggunakan aplikasi untuk mengedit audio yang dinamakan Audacity. Aplikasi ini termasuk freeware alias gratis, meskipun hanya dapat diperoleh dengan mendownload dari Internet. Dari segi kualitas, Audacity tidaklah kalah dengan aplikasi sejenis yang berbayar.

File audio ditampilkan oleh Audacity sebagai grafik gelombang. Dengan bentuk seperti ini, Anda dapat mengedit bagian-bagian tertentu, seperti memotong, menurunkan atau menaikan volume, menambahkan efek dan lain-lain. Setelah proses editing selesai, Anda dapat menyimpannya dalam format mp3, wav atau ogg.

Kino

Selain editing audio, ada pula aplikasi editing video atau penyunting video yang berjalan pada sistem operasi Linux. File video hasil rekaman dengan camcorder atau handycam dapat Anda transfer ke komputer dan Anda edit dengan aplikasi penyunting video. Anda dapat memberi title (teks), suara atau efek-efek video lainnya. Kemudian, Anda dapat menyimpannya dalam format video seperti avi, mpg, flv dan sebagainya.

Linux memiliki software aplikasi penyunting video yang disebut Kino. Selain Kino, sebenarnya masih ada aplikasi sejenis di Linux, yakni Open Movie Editor, Avidemux dan Stop Motion.

 

Aplikasi-Aplikasi Utility

Aplikasi utility adalah perangkat lunak aplikasi bantuan yang biasanya digunakan untuk menangani hal-hal berkaitan dengan hardware. Linux memiliki aplikasi-aplikasi utility yang sudah termasuk dalam paket installasi. Berikut ini contoh aplikasi utility.

Baca Juga :  Menggunakan File Manager pada Linux

Burning

Aplikasi burning adalah program utility untuk menggandakan CD atau merekam data ke CD/DVD. Di Linux Anda dapat menggunakan K3B untuk keperluan tersebut. K3B memiliki fasilitas-fasilitas untuk proses perekaman pada CD atau DVD, antara lain:

  1. New audio CD project (mencopy format audio)
  2. New data CD project (merekam data ke dalam CD)
  3. New data DVD project (merekam data ke dalam DVD)
  4. Copy CD (menggandakan CD atau DVD)
  5. Burn CD ISO image (menggandakan file ISO ke dalam CD)
  6. Burn DVD ISO image (menggandakan file ISO ke dalam DVD)

Disk Use Analyzer

Komposisi ruang harddisk yang digunakan dapat kita lihat menggunakan disk user analyzer . Apikasi ini sangat bermanfaat untuk mengatur penempatan file. Disk usage analyzer akan memperlihatkan data statistik per direktori dan menampilkan grafik pemakaian hardisk. Berdasarkan info tersebut, Anda dapat melakukan manajemen file seperti memindah file, menghapus file atau menempatkan aplikasi agar kinerja komputer dapat dioptimalkan.