Cara Menggunakan Aplikasi Avidemux Edit Video PC

Cara Menggunakan Aplikasi Avidemux Edit Video PC

Cara Menggunakan Aplikasi Avidemux Edit Video PC – Bagi sobat warganet yang sudah biasa menggunakan aplikasi edit video baik di PC maupun smartphone, tentunya tidak akan banyak menemui kesulitan dalam memakai salah satu Aplikasi edit video ini. Namun, akan berbeda jika kalian masih pada tahap pemula yang masih banyak membutuhkan tips dan trik untuk mengedit video.

Kali ini, beritawarganet akan membagikan cara menggunakan Aplikasi Aviemux Edit Video PC. Aplikasi edit video ini bisa digunaka pada beragam platform mulai dari Windows, Mac dan Linux. Software ini memang bisa kalian gunakan untuk mengedit berbagai jenis video yang nantinya bisa kalian unggah ke Platform berbagi video seperti youtube ataupun Tiktok.

Avidemux adalah program Pengeditan Video sumber terbuka dan gratis . Ada banyak fitur dan fungsi bawaan yang bisa Kamu dapatkan dari freeware Video Editing ini. Sebelum membahas mengenai cara menggunakan Avidemux, yuk kita kenalan dengan aplikasi yang satu ini

Apa itu Avidemux?

Avidemux adalah Editor Video Gratis yang memungkinkan Kamu untuk mengedit video dan audio dasar. Dengan kata lain, Kamu bisa mendapatkan banyak fitur bermanfaat dari Avidemux secara gratis. Avidemux adalah Aplikasi Open Source yang memiliki beberapa fitur yang bisa kamu manfaatkan diantaranya adalah

Fitur Avidemux Editor Video PC

  • Avidemux menawarkan beberapa filter untuk memotong, menggabungkan, membagi, memutar, atau melakukan aktivitas pengeditan lainnya.
  • Dukungan luas dari format input dan output video dan audio bawaan.
  • Bisa digunakan pada sebagian besar OS seperti Windows, Mac, Linux dan BSD.
  • Mendukung pengaturan multi-threading dan prioritas.
  • Kemudahan menu dengan akses yang mudah pada Daftar semua proyek yang baru dibuka
  • Terdapat Pengelola Filter Video real time.
  • Format video input yang didukung: 3GP, ASF, AVI, FLV, H263, JPEG, MKV, MP4, MPEG, MPEG4, MPG dan OGM.
  • Format video keluaran yang didukung: AVI, FLV, M1V, M2V, MKV, MP4, MPEG, MPG, OGM dan TS.
Baca Juga :  Menggunakan Komputer Secara Aman dan Nyaman

Kelebihan dan Kekurangan Avidemux Editor Video PC

Kelebihan Avidemux

  • Avidemux diterima secara luas oleh hampir semua sistem operasi. Jadi tidak ada masalah ketidakcocokan yang perlu Kamu khawatirkan.
  • Ini menawarkan fitur pemrosesan video paling standar dan beberapa preset yang berguna.
  • Kamu bisa mendapatkan opsi penyandian yang baik pada antarmuka yang jelas.

Kekurangan Avidemux

  • Avidemux tidak menyediakan timeline.
  • Kurangnya efek kreatif atau transisi untuk kustomisasi profesional.
  • Perlu codec tambahan untuk menangani file video dan audio yang tidak populer.

Meskipun banyak sekali aplikasi edit video yang memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Wondershare Filmora, namun Avidemux sangatlah cukup untuk digunakant dengan beberapa fungsi sederhana. Selain itu, sobat warganet dapat menambahkan efek video dan audio untuk menyempurnakan video yang kamu buat. Nantinya kamu bisa mengekspornya dalam beragam format yang ada diantaranya adalah

Format Audio/Video Yang didukung Avidemux

File video terdiri dari dua bagian yaitu: container yang menentukan jenis file, dan codec. Untuk memutar di perangkat tertentu, katakanlah, seluler, wadah dan codec harus didukung oleh pemutar video, jika tidak maka tidak akan berfungsi dengan baik.

1. Format Audio seperti MP3

Selalu gunakan audio .MP3 untuk menyimpan video di Avidemux karena audio .mp3 didukung oleh sebagian besar perangkat di dunia dan kualitas suara cukup baik dalam format ini.

2. Format Video seperti MP4

Untuk menyimpan output video MP4 kita harus melakukan langkah-langkah berikut untuk mencapai hasil klip yang lebih baik:

  • Pilih opsi MPEG 4 AVC dari daftar drop-down video.
  • Tekan opsi konfigurasi, setelah itu jendela konfigurasi X264 baru muncul di layar.
  • Pilih Average Bitrate di daftar yang muncul, dan perbaiki Average Bitrate menjadi 10.000 Tekan OK di bagian bawah layar untuk menutup Laju Bit Rata-rata.
  • Pilih MP3 dari daftar tarik-turun audio.
  • Setelah itu tekan opsi filter lalu atur Resampling 48000 dan tekan OK
  • Pilih MP4 di daftar dropdown yang muncul setelah menekan Format.
  • Sekarang, semuanya sudah selesai dan Kamu dapat menyimpan video dengan mengklik simpan atau dengan menekan tombol pintas pada keyboard Ctrl-S dan pastikan untuk menambahkan nama ekstensi .MP4.
Baca Juga :  Review LG Wing

Langkah Menggunakan Avidemux untuk Mengedit Video

1 Impor video ke Avidemux

  1. Jika kamu belum memiliki software Avidemux, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu. Dapatkan unduhan Avidemux di komputer Kamu.
  2. Luncurkan Avidemux setelah menyelesaikan proses instalasinya. Kemudian klik “Buka” dari menu tarik-turun “File”.
  3. Untuk memulainya, pastikan Kamu berada dalam mode “Salin”. Ini adalah cara yang baik untuk menghemat waktu dengan menggunakan video yang sudah ada sebelumnya alih-alih menyandikan ulang proyek menjadi file baru.

2 Menyesuaikan video yang diimpor

Untuk mengatur atau memangkas dan membuang bagian yang tidak kamu inginkan pada video, kamu bisa melakukan langkah berikut.

  1. Temukan dan klik ikon dengan “A” disisipkan pada bilah alat.
  2. Kemudian, seret penggeser untuk mengatur waktu awal dan waktu akhir pada video yang akan dibuang.
  3. Klik ikon selain disajikan dengan “B” untuk menyelesaikan proses tersebut

3 Menggabungkan video dengan Avidemux

  1. Klik “File” di bilah alat atas. Pilih opsi “Tambahkan” dari daftar. Nantinya, Kamu dapat menemukan bahwa total panjang video akan bertambah.
  2. Dalam Timeline yang sudah kamu buat, kamu bisa menambahkan efek video.
  3. Untuk melakukannya kamu cukup klik “Filter” di panel kiri. Ada banyak filter yang dapat diakses seperti “Transform”, “Interlacing”, “Colors” dan banyak lagi.

4 Putar video Avidemux

Setelah dirasa cukup, kamu bisa memutar video yang sudah kamu edit agar kamu bisa yakin sebelum mengkonversi video. Berikut ini langkahnya

  1. Langsung saja menuju ke Avidemux Video Filter Manager
  2. Setelah mengklik “Filter”. Pilih “Transform” dan gulir ke bawah untuk mengklik “Putar” di antarmuka utama.
  3. Atur bagaimana Kamu ingin memutar video dengan Avidemux,
  4. lalu klik “OK” dan “Tutup” untuk keluar dari jendela.

5 Konversi video dengan menggunakan Avidemux

Setelah yakin pada hasil editing videomu, langkah selanjutnya adalah mengekspor Video. Berikut ini adalah langkah-langkahnya

  1. Untuk mengekspor video Avidemux, Kamu dapat mengklik panah bawah di bawah “Format” di panel kiri. Pilih format keluaran tertentu.
  2. Kemudian klik “Simpan” dari menu tarik-turun “File”. Pilih “Simpan Video…” dari submenu. Setelah itu, Avidemux akan mulai mengkodekan video dengan cepat.
Baca Juga :  Cara Dapat Uang Dari Aplikasi Snack Video

Yang perlu diperhatikan adalah untuk mendapatkan hasil terbaik kamu pastinya membutuhkan komputer yang kuat dengan prosesor dan RAM yang baik untuk melakukan encoding yang lebih baik.

Kesimpulan

Walaupun bisa kamu dapatkan secara gratis dan memiliki fitur-fitur yang bisa dibilang sederhana, Avidemux adalah salah satu aplikasi editing video yang sangat cukup dan mudah digunakan. Selain itu sobat warganet bisa menggunakannya untuk tugas dasar pengeditan file video seperti memotong, menggabungkan, subtitle, menambahkan logo, menerapkan soundtrack, encoding, menambahkan efek generik, dan masih banyak fitur lain yang ada.

Aplikasi ini tentunyasangat berguna misalnya pada saat sobat warganet membuat video singkat yang akan diunggah pada beberapa platform pemutar video singkat seperti TikTok, Youtube atau Instagram dengan cepat,

Selain gratis, Avidemux adalah solusi Open Source yang mendukung sebagian besar format video dan audio. Clipping dan Cropping adalah operasi sederhana yang hanya bekerja. Pengoptimalan video, penskalaan, kompensasi gerakan, kontrol kecepatan, menambahkan batas, membalik, memutar Semua fitur bawaan.

Filter noise, Subtitle, dan lainnya. Ekspor video ke Mpeg1,2,4, x264, h264, AVI, DVD Kompatibel MPEG, video flash dan masih banyak lagi format yang didukung. Tentu saja itu tidak akan mendapatkan fitur fitur editing video yang dimiliki oleh aplikasi editor video profesional seperti Adobe Premiere, Wondershare Filmora atau Sony Vegas. Namun Aplikasi ini dapat menangani file avi/mkv dalam beberapa cara yang tidak dapat dilakukan oleh program lain.

Jika Kamu melakukan editing sederhana Avidemux adalah salah satu solusi yang tepat dan mungkin saja yang terbaik. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan Kamu tidak perlu menjadi seorang profesional penyuntingan video. Avidemux cukup untuk menyelesaikan video promo atau video singkat yang kompatibel dengan semua format file video populer.

Baca Juga: