Cara Backup Semua Data dan Aplikasi Android Lengkap

Cara Backup Semua Data dan Aplikasi Android Lengkap

Cara Backup Semua Data dan Aplikasi Android Lengkap – Hal yang paling membuat frustasi adalah data ponsel yang hilang. Ada banyak hal yang membuat hal tersebut bisa terjadi. Mulai dari kehilangan ponsel, ponsel yang tiba tiba rusak, atau hal lainnya yang tidak terduga terjadi pada Smartphone Android. Kebanyakan kasus yang membuat frustasi itu dikarenakan data yang ada pada Smartphone kesayangan.

Oleh karena itu, sebelum semua hal tersebut terjadi, cara paling simpel dalam mencegah kita kehilangan data adalah dengan rutin melakukan back-up. Nah kali ini berita warganet akan memberikan infromasi mengenai Cara Backup Semua Data dan Aplikasi Android khususnya Lengkap yang simpel dan mudah. Sehingga kalian tidak khawatir lagi jika sesuatu terjadi pada smartphone kesayangan.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memback up ponsel. Selain itu, dengan memback up ponsel, kamu bisa dengan mudah memindahkan data ke smartphone Android yang baru. Sehingga kalian bisa menggunakan ponsel baru dengan nyaman dan tidak perlu lagi mencari data data lama pada saat dibutuhkan. Dan berikut ini adalah Cara Backup Semua Data dan Aplikasi Android Lengkap yang bisa kamu lakukan sendiri.

Cara Backup Semua Data dan Aplikasi Android Lengkap

Kebanyakan smartphone Android memang sudah dibekali dengan fitur Backup. Meskipun begitu, fitur back up tersebut biasanya cukup merepotkan dan cukup memakan waktu. Hal ini dikarenakan biasanya file back up bawaan ponsel akan bisa digunakan pada Smartphone dengan merk yang sama.

Baca Juga :  Cara Pengaturan Profil di Telegram

Sebagai contoh adalah ketika kamu membackup smartphone Xiaomi yang kamu miliki dengan fitur MIUI 11, kamu hanya bisa mengembalikan back up data yang kamu miliki dengan menggunakan smartphone Xiaomi juga.

Lalu bagaimana jika kita menggunakan merk Smartphone yang berbeda? Tenang saja sob, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan kok. Yuk kita simak bersama Cara Backup Semua Data dan Aplikasi Android satu per satu.

Google Backup

Cara Backup Semua Data dan Aplikasi Android pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan Google Backup. Cara ini bisa dibilang cara yang paling mudah. Hal ini dikarenakan Setiap ponsel Android sudah dibekali dengan Fitur Google Backup.

Dengan menggunakan fitur ini kalian bisa mencadangkan data seperti foto, kontak dan  file lainnya yang kamu miliki. Kamu hanya perlu masuk ke Setting > Sistem > Backup & Reset > Google Backup atau Back up my data untuk melakukan backup data.

Lalu bagaimana cara mengembalikan data tersebut pada ponsel yang baru? Kalian tinggal membalikkan prosesnya saja sob. Semua smartphone android sudah dibekali dengan fitur yang sama. Namun untuk bisa mengembalikan atau merestore backup tersebut, kamu harus masuk ke menu login akun.

Local Backup

Coba cek ponsel kalian sekarang sob, sepertinya semua ponsel Android saat ini memang sudah memiliki Fitur Local Backup. Kamu hanya pelru masuk ke menu Setting > Additional Settings >Local Backup >Backup secara otomatis smartphone akan membackup sendiri semua file penting yang ada pada smartphone.

Dan tentus aja urutannya tidak selalu sama seperti yang disebutkan tadi. Kurang lebihnya sama, hal itu bergantung pada merk smartphone yang kalian gunakan. Namun ketika kalian rutin atau setidaknya pernah membackup file di Android kalian akan lebih baik bukan?

Baca Juga :  Cara Menggunakan OpenShot Editor Video Untuk Youtube

Kalin juga bisa memilih beberapa aplikasi atau file yang akan di backup, dan file backup inilah yang nantinya bisa mengembalikan file-file penting kalian pada Smartphone pada saat melakukan restore. Cara ini sangat cocok untuk kamu yang hobby ngoprek ponsel atau melakukan Root, Unlock Bootloadr atau apapun itu yang membuat smartphone melakukan reset terhadap semua data yang ada.

Apps Backup And Restore

Selain dengan kedua cara diatas, kalian juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membackup data penting kalian sob. Kamu hanya perlu mengunduh dan menginstall lalu menggunakan aplikasi Apps Backup And Restore.

Dengan aplikasi yang satu ini, kamu akan dengan mudah melakukan backup. Yang perlu dikalukan hanya membuka aplikasi dan pilih aplikasi lain atau file yang akan di backup, lalu kamu bisa login dengan menggunakan akun yang sudah di backup di smartphone sebelumnya maka dengan otomatis backup tadi akan terbuka.

Titanium Backup

Selain aplikasi Apps Backup And Restore, kalian juga bisa menggunakan aplikasi lain yaitu Titanium Backup. Sobat warganet pastinya pernah mendengar aplikasi yang satu ini bukan. Aplikasi ini memang sudah terkenal di jajaran aplikasi Android untuk urusan Backup.

Sayangnya untuk bisa menggunakan aplikasi ini, kamu harus memiliki akses Root pada Smartphonemu Jadi smartphonemu harus sudah di root terlebih dahulu untuk bisa menggunakan aplikasi Tintanium Backup. Jika kamu menggunakan aplikasi ini, kamu hanya perlu mengisi cek list aplikasi dan file mana yang akan di back up, selain itu untuk mempermudah aplikasi tersebut juga akan memiliki fitur memberikan nama file.

Super Backup and Restore

Aplikasi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membackup ponsel adalah aplikasi Super Backup and Restore. Ada banyak kelebihan jika kamu menggunakan aplikasi yang satu ini. Kamu bisa menyimpan atau mengirim hasil backup dalam bentuk file ke penyimpanan cloud seperti google drive. Dan jika kamu ingin merestore, kamu bisa melakukannya dengan mudah. Tentunya tidak terlalu banyak memakan ruang pada ponsel juga sob.

Baca Juga :  Twibbon Hari Buruh 2021 Gratis

Back Your Phone

Cara Backup Semua Data dan Aplikasi Android selanjutnya juga masih sama yaitu dengan menggunakan aplikasi. Aplikasi yang juga bisa digunakan adalah Back Your Phone. Aplikasi ini dikembangkan oleh artur jaszcak. Sobat warganet hanya perlu melakukan langkah kecil untuk bisa mengunakan aplikasi ini dalam hal melakukan backup. Sama seperti aplikasi sebelumnya kamu hanya perlu klik beberapa icon aplikasi, foto ataupun beberapa file yang akan di backup menggunakan aplikasi ini. File yang kamu pilih sebelumnya akan disimpan dalam bentuk file.

Cloud Gallery

Cloud Gallery adalah aplikasi android yang dirancang untuk perangkat TV yang memungkinkan kamu untuk mengakses foto dan video di TV dengan mudah dengan mengintegrasikan beberapa layanan cloud. Cukup tambahkan akun yang kamu miliki dan berikan akses, foto dan video kamu secara otomatis akan muncul di layar utama yang diatur berdasarkan album. Jadi kamu tidak perlu lagi takut kehilangan foto atau video yang kamu simpan di ponsel sob.

 

Nah itu dia beberapa cara mudah untuk melakukan backup data dan file di smartphone android kesayangan kamu. Dimana cara-cara tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah baik menggunakan aplikasi pihak kedua ataupun menggunakan fitur bawaan smartphone. Kalian mau pilih yang mana? [TR-BW] Pencarian Populer : portal berita teknologi terbaik