Cegah Pencurian Data Android

Cegah Pencurian Data Android Dengan 5 Cara Ini!

Cegah Pencurian Data Android Dengan 5 Cara Ini!  – Smartphone android atau handphone saat ini menjadi kebutuhan yang cukup penting ditengah masa teknologi. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, pencurian data internet juga semakin marak terjadi. Seperti yang kita ketahui, Smartphone merupakan barang berharga dimana kita sering menyimpan data-data berharga milik kita seperti Nomor Kependudukan sampai dengan rekening Bank. Sehingga dengan menggunakan Smartphone sobat warganet juga harus memperhatikan tingkat keamanan ponsel dari pencurian data internet.

Banyaknya kasus pencurian data ponsel android dapat berakibat fatal contohnya jika si peretas berhasil menggunakan atau mengambil data pribadi bisa digunakan untuk kasus penipuan. Dengan itu, tentunya membuat sobat warganet harus lebih waspada dari penyebab pencurian data dan mencari tahu bagaimana cara menghindari pencurian data di internet atau bahkan mencari cara bagaimana cara mengatasi pencurian data perusahaan.

Tips dan Trik Cegah Pencurian Data Android

Sebenarnya, ada banyak hal yang menjadi awal penyebab pencurian data dari smartphone Android yang kita miliki. Dan kebanyakan dari kasus tersebut ditemukan berasal dari aplikasi jahat pencuri data yang secara tidak sadar diunduh oleh pengguna itu sendiri. Berdasarkan penelitian  yang dilakukan setidaknya ada sekitar 1000 lebih aplikasi jahat pencuri data yang melanggar regulasi yang ditetapkan. Aplikasi tersebut terbukti diam-diam mencuri data pribadi dari pengguna aplikasi.

Baca Juga :  Game PlayStation Plus April 2021: Days Gone Gratis

Sebelum terlambat, Ada beberapa tips yang dapat sobat warganet coba dan terapkan untuk Cegah Pencurian Data Android. Beberapa cara menghindari pencurian data di internet tersebut diantaranya adalah:

1. Aktifkan Mode Kehilangan dan Android Device Manager

Mode kehilangan dan android device manager ini adalah salah satu fitur keamanan pada Smartphone berbasis Android. Fitur ini dapat sobat warganet aktifkan untuk mencegah pencurian data internet dari Smartphone Android.  Fitur ini sangat berguna jika sobat warganet mengalami kejadian yang tidak diharapka seperti kehilangan ponsel di tempat umum, Pencurian Ponsel dan berbagai hal yang tidak bisa diduga kedepannya.

Dengan mengaktikan mode kehilangan sobat warganet akan bisa mengamankan smarphone dari jarak jauh. Sobat warganet juga dapat mem-block Android dari pencuri yang berniat mengambil data pribadi dan menggunakannya untuk kejahatan. Selain itu, dengan mengunduh dan mengaktifkan android device manager, sobat dapat mengetahui lokasi Smartphone yang hilang. 

2. Jangan Abaikan Izin Aplikasi

Memang saat ini banyak sekali pengembang perangkat lunak yang semakin mempermudah kita dalam kegiatan sehari-hari. Tak ubahnya dengan ponesl Android yang dibanjiri dengan aplikasi-aplikasi baru yang menarik dan seolah-olah akan mempermudah kegiatan kita. Namun, sebelum melakukan pengunduhan apk, alangkah baiknya jika sobat warganet juga memperhatikan izin apk.

Sobat warganet tidak boleh mengabaikan izin aplikasi yang biasanya muncul pada saat kita menginstall APK tersebut. Dengan melakukan hal tersebut penyebab pencurian data yang bisa dilakukan oleh aplikasi jahat pencuri data dapat dicegah. Sobat warganet harus selalu memperhatikan izin penggunaan aplikasi dan ketika menemukan hal yang aneh pada saat mengunduh atau menginstall APK, sobat warganet bisa membatalkannya. Tenang saja, di Playstore ada ribuan aplikasi sejenis yang  aman untuk digunakan. lebih

Baca Juga :  Cara Posting Tweet dengan Suara Kamu Sendiri

3. Install Aplikasi dari Google Playstore atau AppStore

Cegah Pencurian Data Android yang ketiga adalah dengan menginstall Aplikasi dari Google Playstore atau AppStore saja. Sobat warganet sebisa mungkin menghindari mendownload atau mengunduh apk yang berasal dari website lainnya. Sobat dapat mengecek ketersediaan aplikasi yang sobat temukan di website tersebut di Google Playstore atau AppStore terlebih dahulu.

Walaupun tidak semua aplikasi yang tersedia di Google Playstore atau AppStore dapat dipercaya 100%. Setidaknya akan lebih baik jika dibandingkan dengan mengunduh aplikasi dari website. Aplikasi yang tersedia di platform  Google Playstore atau AppStore biasanya akan diperiksa kualitas dan standarnya. Google Playstore atau AppStore akan memastikan pengembang menerapkan kebijakan khusus untuk melindungi data konsumen. Selain itu, pengunduhan aplikasi yang berasal dari website memiliki resiko besar dari serangan  virus, ransonware, malware, spyware sampai dengan peretasan dari orang yang tidak bertanggung jawab. 

4. Perbarui Aplikasi

Walaupun terlihat sangat sederhana, Namun Cegah Pencurian Data Android dengan memperbaharui Aplikasi dapat menjaga keamanan Smarphone sobat warganet loh. Dengan mengupdate atau memperbaharui aplikasi secara berkala, dapat membuat aplikasi yang sobat install pada smartphoneselangkah lebih maju dari peretas yang berniat untuk mencuri data pribadi yang ada si Ponsel. Dan agar lebih mudah, jika sobat terkadang lupa untuk selalu memperbaharui aplikasi, sobat warganet dapat mengaktifkan fitur update otomatis. Sehingga aplikasi yang sobat install pada Smartphone selalu berada pada versi yang terbaru.

Baca Juga :  Review Vivo V20 Pro 5G

5. Hati hati dalam memakai Jaringan Publik

Biasanya kita sangat senang jika terdapat layanan WiFi gratis yang ada di tempat umum seperti cafe, stasiun kantor atau tempat umum lainnya. Wifi Gratis dapat sedikit menghemat data yang kita keluarkan pada saat menggunakan Smartphone Android. Namun jangan salah, hal ini juga menjadi salah satu jalan bagi peretas yang ingin mencuri data yang kita miliki di Ponsel loh. Sebaiknya, jika sobat warganet sedang menggunakan fasilitas Wifi Publik, hindari segala bentuk transaksi atau komunikasi penting lainnya.

Hal ini dikarenakan bisa saja Smartphone sobat warganet terkena tracking oleh penguna wifi juga menggunakan jaringan yang sama. Hal inilah yang biasanya tidak kita sadari menjadi jalan terjadinya kasus pencurian data di Smartphone kita. Jika dirasa perlu, sobat juga bisa menggunakan Layanan VPN yang dapat menjadi keamanan tambahan pada saat menggunakan jaringan publik. 

Nah, itulah 5 tips sederhana Cegah Pencurian Data Android yang dapat sobat warganet terapkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada ponsel kesayangan. Selalu waspada dan berhati-hati dalam menggunakan data pribadi yang kita miliki ya! Semoga bermanfaat.