Jawaban Tugas Memahami Isi dan Sistematika Resensi

Jawaban Tugas Memahami Isi dan Sistematika Resensi

Jawaban Tugas Memahami Isi dan Sistematika Resensi – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas memahami isi dan sistematika resensi halaman 207 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Baca dan pahami terlebih dahulu materi di bawah, sehingga sobat mampu membuat analisis isi resensi. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Memahami Isi dan Sistematika Resensi Halaman 207

Kegiatan 1

Memahami Isi dan Sistematika Resensi

Pada pembahasan pertama ini, kamu akan membandingkan isi teks resensi. Resensi adalah ulasan atau penilaian atau pembicaraan mengenai suatu karya baik itu buku, ilm, atau karya lain. Tugas penulis resensi adalah memberikan gambaran kepada pembaca mengenai suatu karya apakah layak dibaca atau tidak.

Hal-hal yang dapat ditanggapi dalam resensi ialah kualitas isi, penampilan, unsur-unsur, bahasa, dan manfaat bagi pembaca. Unsur-unsur atau sistematika yang terdapat dalam resensi di antaranya sebagai berikut.

Baca Juga :  Jawaban Tulislah Beberapa Ungkapan Lain yang Digunakan Rafa untuk Menyapa Pembaca Blognya Kurikulum Merdeka Lengkap!

1. Judul resensi

2. Identitas buku yang diresensi

3. Pendahuluan (memperkenalkan pengarang, tujuan pengarang buku, dan lain-lain)

4. Inti/isi resensi

5. Keunggulan buku

6. Kekurangan buku

7. Penutup

Perhatikanlah contoh teks resensi berikut berdasarkan penyajian isinya.

Judul resensi

Valentino Rossi Sang Juara

Identitas buku

Judul buku : Otobiograi Valentino

Rossi (Andai Aku Tak

Pernah Mencobanya)

Judul asli : he Autobiography of

Valentino Rossi: what if

I had never tried it

Penerjemah : Doni Suseno

Penerbit : Februari 2016

Jumlah halaman : 302

Pendahuluan

Penulis memilih buku ini karena sangat digemari oleh anak muda terutama penggemar otomotif. Selain itu, buku tersebut mengungkapkan rahasia perpindahan Valentino Rossi dari tim Honda ke tim Yamaha yang selama ini tidak terungkap oleh media.

Isi Resensi

Kemenangan demi kemenangan yang telah diraih Rossi bersama Honda membuat mereka yang berkecimpung dalam tim Honda mulai beranggapan bahwa yang menentukan sebuah kemenangan adalah mesin motor, bukan pembalapnya. Mereka membandingkan Yamaha, salah satu pesaingnya yang tidak pernah memenangi satu balapan pun karena mesin motornya memang kalah cepat dari Honda.

Baca Juga :  Jawaban Menjelajahi Arti Kata Menggunakan Kamus

Tugas

Bacalah teks resensi di bawah ini dengan saksama!

Judul buku : Teknik Bermain Gitar

Penulis : Famoya

Penerbit : Terbit Terang Surabaya

Kota Penerbit : Surabaya

Tahun Terbit : 1999

Jumlah Halaman : 80

Gitar merupakan sebuah alat musik yang sangat populer dengan “Gitaris” sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar Nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tidak kenal waktu, yang mungkin sejenis akademi hanya sebatas formalitas belaka.

Akan tetapi, nurani darah seni lebih memotivasi yang dicita-citakan. Gitar adalah alat musik yang menghasilkan melodi indah dengan cara memetik senarnya. Bentuk gitar memengaruhi baik dan tidaknya suara gitar. Dalam bermain gitar tidak hanya berpedoman teori nada minor dan mayor, melainkan dengan ketajaman perasaan dan mengatur senar gitar.

Selain itu untuk menghasilkan melodi yang indah tidak bisa asal petik, tapi menggunakan nada dasar dan menentukan kunci nada. Kunci nada dalam sebuah lagu harus sesuai dengan kemampuan suara penyanyi. Dengan demikian lantunan lagu dapat dinikmati dengan indah. Teknik Seni Bermain Gitar ini merupakan buku yang menarik. Itu terletak pada bab Body Gitar yang menjelaskan cara memilih gitar dan kunci nada yang memberikan sugesti bahwa tanpa melihat nada tertentu, mendengar suaranya saja akan mampu membedakan jenis nada.

Baca Juga :  Mengenali dan Menyadari Keragaman Identitas

Setelah kamu membaca teks resensi di atas, lakukanlah analisis isi resensi berdasarkan format tabel berikut.

Jawaban    :

NoUnsur/sistematika resensiJawaban
1Judul resensiTeknik Bermain Gitar
2Identitas resensiJudul buku : Teknik Bermain Gitar Penulis : Famoya Penerbit : Terbit Terang Surabaya Kota Penerbit : Surabaya Tahun Terbit : 1999 Jumlah Halaman : 80
3PendahuluanGitar merupakan sebuah alat musik yang sangat populer dengan “Gitaris” sebagai sebutan untuk pemain gitar. Getar Nurani menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi meluap tidak kenal waktu.
4Isi resensiGitar adalah alat musik yang menghasilkan melodi indah dengan cara memetik senarnya.
5Keunggulan bukuTeknik Seni Bermain Gitar ini merupakan buku yang menarik. Itu terletak pada bab Body Gitar yang menjelaskan cara memilih gitar dan kunci nada yang memberikan sugesti bahwa tanpa melihat nada tertentu, mendengar suaranya saja akan mampu membedakan jenis nada.  
6Kekurangan bukuTidak ada pembahasan
7PenutupTidak dicantumkan
 Tanggapan isi resensi :
Isi resensi sudah cukup mewakili isi buku, akan tetapi penulis resensi masih belum menyebutkan kekurangan buku dan penutup.
 

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas memahami isi dan sistematika resensi halaman 207 yang terdapat pada buku Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :

administrator

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Jawaban Tugas Memahami Isi dan Sistematika Resensi yang dipublish pada Desember 27, 2022 di website Berita Warganet

Artikel Terkait