Jawaban Tugas Mengidentifikasi Bagian-bagian Penting Proposal

Jawaban Tugas Mengidentifikasi Bagian-bagian Penting Proposal

Jawaban Tugas Mengidentifikasi Bagian-bagian Penting Proposal – Halo sobat, dalam artikel kali ini akan dibahas mengenai jawaban tugas mengidentifikasi bagian-bagian penting proposal halaman 153 yang terdapat pada buku bahasa indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Sebelum masuk dalam pembahasan soal, bacalah terlebih dahulu proposal berjudul Kadar Keilmuan Tulisan Siswa SMAN 3 Tasikmalaya pada Mading Sekolah. Amatilah bagian-bagian penting dalam proposal tersebut. Untuk pembahasan selengkapnya, mari kita simak bersama ulasan berikut ini.

Jawaban Tugas Mengidentifikasi Bagian-bagian Penting Proposal Halaman 153

Bab V Mempersiapkan Proposal

Pernahkah kamu melaksanakan suatu kegiatan di sekolah? Untuk melancarkan kegiatan tersebut, kamu harus terlebih dahulu membuat sebuah proposal. Proposal adalah rencana kegiatan yang dituliskan dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilaksanakan. Rencana tersebut harus dituliskan agar pihak yang berkepentingan dapat memahami dengan baik, memberikan izin, dan menyumbangkan dana supaya kegiatan tersebut bisa terlaksana.

Baca Juga :  Mengenali dan Menyadari Keragaman Identitas

Untuk membekali kemampuanmu, pada bab ini kamu akan belajar:

1. memahami informasi berdasarkan bagian-bagian penting proposal;

2. menganalisis isi dan kaidah kebahasaan teks proposal;

3. mendiskusikan isi proposal; dan

4. menyusun proposal.

Untuk membantumu dalam mempelajari dan mengembangkan kompetensi dalam berbahasa, pelajari peta konsep di bawah ini dengan saksama!

A. Mengidentifikasi Informasi Penting dalam Proposal Kegiatan atau Penelitian

Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu:

1. mengidentifikasi bagian-bagian penting proposal;

2. menemukan informasi yang dibaca untuk dikembangkan menjadi proposal.

Baca Juga :  Apa Saja Kegiatan Utama dalam Berpikir Komputasional?

Pernahkah kamu membuat proposal? Biasanya, proposal digunaka sebagai pengajuan, permohonan, atau penawaran. Dengan adanya proposal, kegiatan yang kita rencanakan bisa terlaksana dengan baik sebab kita akan mendapat beberapa keuntungan, misalnya mendapat izin pelaksanaan kegiatan dan mendapat bantuan dana.

Kegiatan 1

Mengidentiikasi Bagian-bagian Penting Proposal

Pada pembahasan ini, kamu akan mempelajari bagian-bagian penting dalam proposal. Untuk menunjang pemahamanmu, perhatikanlah contoh proposal berikut ini!

A. Judul proposal : Kadar Keilmuan Tulisan Siswa SMAN 3 Tasikmalaya pada Mading Sekolah

Contoh tersebut adalah contoh proposal. Berdasarkan contoh tersebut dapat dirumuskan bahwa yang dimaksud dengan proposal adalah teks yang berupa permintaan kepada seseorang atau suatu lembaga untuk melakukan suatu kegiatan (penelitian).

Tugas

1. Secara berkelompok, cermatilah kembali contoh proposal di atas.

Baca Juga :  Apa yang Dimaksud Metode Penyimpanan data Antrean (queue)?

2. Kemudian, jelaskanlah informasi-informasi yang kamu anggap penting pada setiap bagiannya itu.

3. Berdasarkan informasi-informasi itu, rumuskan pula maksud/tujuan    dari adanya bagian-bagiannya itu.

Jawaban    :

Bagian-Bagian ProposalInformasi PentingMaksud/Tujuan
Latar BelakangBahasa yang digunakan dalam tulisan ilmiah memiliki karakteristik dan ragam ilmiah. Oleh karena itu, tulisan ilmiah menggunakan ragam bahasa tersendiri, yaitu ragam tulis ilmiah. Bahasa tulis ilmiah merupakan suatu laras (register) dari ragam bahasa resmi baku yang harus disusun secara jelas, teratur, dan tepat makna.Menjelaskan penggunaan Bahasa resmi pada karya tulis ilmiah.
Perumusan masalaha. Bagaimanakah kadar keilmiahan isi tulisan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam mading sekolahnya?
b. Bagaimanakah kadar keilmiahan tulisan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam mading sekolahnya?
c. Bagaimanakah kadar keilmiahan kosakata dan istilah yang digunakan dalam tulisan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam Mading sekolahnya?
d. Bagaimanakah kadar keilmiahan pengembangan bahasa yang digunakan dalam tulisan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam mading sekolahnya?
e. Bagaimanakah kadar keilmiahan aspek mekanik yang digunakan dalam tulisan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya yang disajikan dalam mading sekolahnya?
memperoleh gambaran yang jelas dan komprehensif tentang kadar keilmiahan tulisan yang berkaitan dengan aspek kebahasaan dalam pengungkapan konsep-konsep keilmuan dan fakta ilmiah.
Tujuana. Untuk mengetahui kadar keilmiahan isi tulisan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam mading sekolahnya.
b. Untuk mengetahui kadar keilmiahan organisasi tulisan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam mading sekolahnya.
c. Untuk mengetahui kadar keilmiahan kosakata dan istilah tulisan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam mading sekolahnya.
d. Untuk mengetahui kadar keilmiahan pengembangan Bahasa yang digunakan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam madding sekolahnya.
e. Untuk mengetahui kadar keilmiahan aspek mekanik yang digunakan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam madding sekolahnya.
Mendapatkan informasi arah penelitian dengan jelas .
Kontribusi penelitianDiharapkan penelitian dapat bermanfaat untuk para guru berdasarkan isi tulisan, organisasi, kosakata dan istilah, pengembangan bahasa, dan mekanik yang terdapat dalam tulisan mading.Sebagai kontribusi bagi para siswa SMAN 3 Tasikmalaya dalam menambah pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan tulisan yang berkadar ilmiah.
Definisi operasionalTulisan berkadar ilmiah adalah karangan tertulis yang menyajikan fakta umum dengan menggunakan metode ilmiah dan menggunakan aspek bahasa tulis ilmiah yang disajikan secara singkat, ringkas, jelas, dan sistematis.Tulisan para siswa SMAN 3 Tasikmalaya yang dipublikasikan pada mading sekolahnya selama tiga tahun terakhir.
Tinjauan pustaka1) kosakata dan istilah yang digunakan hendaknya memperhatikan pemanfaatan potensi kata canggih, kata dan ungkapan yang dipilih tepat makna, dan penulis sendiri perlu mengetahui pembentukan kata dan istilah.
2) pengembangan bahasa dalam tulisan berkadar ilmiah berkaitan dengan sintaksis yang digunakan penulis.
3) aspek mekanik yang digunakan dalam tulisan berkadar ilmiah berkaitan dengan aturan penulisan yang berupa ejaan dan tanda baca.
Kegiatan penting yang dilakukan oleh guru di sekolah adalah kegiatan ilmiah melalui pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
Metode penelitianData tulisan siswa, Teknik pengumpulan data, Analisis data, dan hasil analisis.Untuk mendeskripsikan kadar keilmiahan isi tulisan, organisasi, kosakata dan istilah, pengembangan Bahasa dan aspek mekanik para SMAN 3 Tasikmalaya pada mading sekolahnya.
Jadwal pelaksanaanMelampirkan jenis kegiatan dan waktu pelaksaan.Untuk mengetahui waktu dan lokasi pelaksanaan.
Rencana anggaranMemberi informasi anggaran yang dibutuhkan dalam menjalankan kegiatan.Mengetahui anggaran yang dibutuhkan.
Daftar pustakaMenyajikan daftar referensi, judul buku, dan sumber lainnya.Mempermudah dalam mencari sumber tulisan dan menunjukan keilmiahan seorang penulis (tidak plagiasi).

Kesimpulan

Nah sobat, itulah pembahasan mengenai jawaban tugas mengidentifikasi bagian-bagian penting proposal halaman 153 yang terdapat pada buku bahasa indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017.

Disclaimer :  Jawaban yang telah dibahas di atas bukan jawaban yang mutlak benar, akan tetapi artikel ini diharapkan dapat membantu sobat dalam belajar.

Baca Juga :