Simulasi Online PPG Dalam Jabatan 1 - Setelah mengikuti pendidikan, mahasiswa akan melalui UKMPPG. Ujian ini merupakan ujian akhir dari rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Latihan UP PPG Dalam Jabatan Coba Simulasi UP PPG Daljab Online Latihan UP PPG Daljab Online Untuk Mahasiswa PPG Link Download Contoh Soal PPG

Link Download Contoh Soal PPG Dalam Jabatan 2022

Link Download Contoh Soal PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 – Halo sobat warganet, terutama bagi bapak ibu guru yang sedang menantikan Seleksi Akademik PPG Dalam jabatan tahun 2022. Siapa nih yang sudah siap untuk menghadapi ujian tersebut? Agar lebih mantap, yuk mempersiapkan diri lebih dini dengan belajar secara mandiri.

Baca Juga :
Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan 2022
Simulasi UP PPG Dalam Jabatan 2021, Coba Gratis
Latihan UP PPG Daljab Online Untuk Mahasiswa PPG

Salah satu cara untuk menghadapi Ujian PPG Dalam Jabatan adalah dengan banyak berlatih soal. Nah, kali ini beritawarganet sudah mempersiapkan beberapa soal yang bisa digunakan untuk belajar secara mandiri dirumah. Dengan belajar secara maksimal, tentunya kalian juga akan mendapatkan hasil sesuai dengan harapan.

Langsung saja berikut ini adalah beberapa contoh soal yang bisa kalian gunakan untuk belajar secara mandiri. Sobat warganet juyga bisa mengunduhnya melalui tautan yang sudah beritawarganet siapkan pada akhir artikel nanti lengkap dengan kunci jawabannya. Jadi kalian bisa mencetak dan belajar secara daring maupun secara offline.

Link Download Contoh Soal PPG Dalam Jabatan

1. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai-nilai, tingkat ekonomi maupun tingkat penghasilan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah…

A. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi serta latar belakang yang sama.
B. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaan pemikiran, dan perilaku anak didiknya. C. Berpandangan bahwa segala perbedaan siswa merupakan fakta yang tidak dapat dihindari.
D. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragaman.
E. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan yang lainnya.

2. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan hal tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan anda lakukan?

A. Memberikan hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerja sama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabnya.
B. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya, agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebut.
C. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannya.
D. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerja sama dengan orang lain dalam suatu kelompok.
E. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan, sehingga semua anggota menyadari tugas masing-masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung.

Baca Juga :  Kunci Jawaban Aktivitas 1 halaman 140 KELESTARIAN LINGKUNGAN IPS SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka

3. Anda memiliki tetangga yang anaknya tidak didaftarkan ke sekolah meskipun sudah memasuki usia sekolah, karena anak tersebut adalah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan?

A. Menjelaskan kepada orang tuanya bahwa ABK juga memiliki hak untuk sekolah dan terdapat banyak sekolah yang mau menerima ABK sebagai siswanya.
B. Menyarankan kepada orang tuanya agar menyekolahkan anaknya di Sekolah Luar Biasa (SLB) agar tidak melanggar hak asasi manusia.
C. Meminta aparat desa untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK.
D. Meminta guru SLB atau guru pendamping khusus untuk mendatangi dan meyakinkan orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya.
E. Meminta aparat dinas pendidikan untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK

4. Seorang guru mendapati beberapa siswa yang belum mengumpulkan tugas pada tenggang waktu yang telah diberikan dikarenakan tugas yang menumpuk dari mata pelajaran lain. Jika seandainya anda sebagai guru apa yang anda lakukan?

A. Memberikan fasilitas untuk berdiskusi dan mengajarkan pada siswa tentang bagaimana cara mengatur waktu dengan baik serta bertanggung jawab pada tugas yang diberikan.
B. Mendorong siswa untuk segera menyelesaikan tugas secara maksimal, dengan menyampaikan perkembangan siswa yang sudah dan belum mengumpulkan.
C. Memberikan toleransi tambahan waktu agar siswa yang belum mengumpulkan tugas dapat menyelesaikan tugasnya.
D. Tetap meminta tugas yang telah diberikan dengan sanksi nilai sesuai dengan tugas yang dikerjakan sebagai upaya untuk memberikan efek jera pada siswa.
E. Menolak tugas yang dikumpulkan melewati batas waktu agar tidak mengingkari kesepakatan yang sudah disepakati di awal semester.

5. Saya adalah orang yang menjunjung tinggi apa yang telah menjadi prinsip yang saya katakana. Seandainya saya menerima sebuah tugas yang tidak sesuai dengan prinsip saya, hal yang akan saya lakukan adalah…

A. Menyalurkan pikiran dan perasaan negatif pada sasaran lain.
B. Memendam perasaan negatif yang muncul agar tidak mengganggu pelaksanaan.
C. Mengalihkan perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaat.
D. Mengungkapkan pikiran dan perasaan pada orang terdekat yang ada di lingkungan kerja.
E. Mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran dan perasaan itu dengan pimpinan.

Baca Juga :  Jawaban Teks Rekon Bung Hatta Tidak Mudah Tergoda Harta

6. Komplek dimana anda tinggal setiap musim hujan selalu banjir sebagai akibat tidak ada saluran air menuju sungai. Warga sudah beberapa kali mengusulkan kepada pemerintah desa/kelurahan untuk dibuatkan saluran pembuangan air, tetapi tetap saja permohonan itu belum dipenuhi. Akibatnya salah seorang warga yang cukup berpengaruh di wilayah itu mengajak dan atau memengaruhi warga lain untuk tidak membayar pajak pada tahun itu. Sebagai guru apa yang anda lakukan?

A. Mengingatkan warga agar tetap membayar pajak, karena membayar pajak itu kewajiban warga negara.
B. Tetap membayar pajak, meskipun beberapa warga terpengaruh terhadap himbauan tidak membayar pajak.
C. Mengingatkan salah satu warga tersebut agar tidak mempengaruhi warga lain untuk tidak tidak membayar pajak.
D. Mengajak aparat RT untuk memohon kembali kepada aparat dosen/kelurahan agar dibuatkan saluran air.
E. Bersama warga lain mencari sponsor untuk membangun saluran air menuju sungai agar tidak terjadi banjir lagi.

7. Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara anda menyelesaikannya?

A. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolahs ebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswa.
B. Saya menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topic pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelas.
C. Saya bekerja sama dengan orangtua/wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajar.
D. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasi.
E. Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya.

8. Seorang anak berminat pada kelompok peminatan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke SMA. Namun, orang tua bersikukuh agar anaknya memilih peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya menjadi dokter, agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati pelajaran ilmu biologi, matematika, serta fisikakimia. Sebagai wali kelas apa yang akan anda lakukan?

Baca Juga :  Jelaskan Pengertian Insertion Sort! - Jawaban Lengkap

A. Menasehati si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tua yang berniat menjerumuskan anaknya.
B. Memberikan saran kepada orang tua dan si anak untuk mengenal secara obyektif kemampuannya, dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidang peminatan yang sesuai.
C. Menyarankan kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokteran.
D. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi agar orang tua memahami potensi anaknya.
E. Bersama guru BK, anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama-sama dengan menggunakan data-data sebagai dasar keputusan obyektif.

9. R adalah siswa kelas VI SD yang pintar dan sangat rajin menolong. Ayah R sudah meninggal dan ibunya mencari nafkah sebagai pedagang kue untuk mencukupi kebutuhan anakanaknya. Seringkali R tidak masuk sekolah, karena harus membantu ibunya berjualan. Sebagai guru R, yang sebaiknya anda lakukan adalah…

A. Memberikan uang sebagai bantuan secara sukarela setiap bulannya.
B. Memperbolehkan R untuk sesekali tidak masuk sekolah karena memberi kesempatan untuk R belajar menolong orang tua dan bekerja.
C. Tetap tidak memperbolehkan R untuk absen dan mengajak teman-teman guru lain untuk membantu keluarganya.
D. Memberikan penjelasan pada R arti penting dan aturan sekolah, serta mengarahkan apa yang sebaiknya dilakukan.
E. Memberikan penjelasan pada R dan ibunya tentang arti penting dan aturan sekolah serta mendiskusikan bersama tentang masalah yang dihadapi.

10. Saat masih menjalani pendidikan dulu, saya pernah mendapatkan tugas yang cukup banyak dari dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya lakukan saat itu adalah…

A. Meminta dosen untuk memberikan tenggang waktu pada sebagian tugas.
B. Mengerjakan tugas yang penting dahulu, lainnya dikerjakan nanti kalau ada waktu.
C. Meminta bantuan teman untuk mengerjakan sebagian tugas dan sebagian tugas dikerjakan sendiri.
D. Mengerjakan sesuai kemampuan yang penting mengumpulkannya.
E. Mengatur waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan tuntas.

Download Contoh Soal PPG Dalam Jabatan 2022

Nah sob, itulah beberapa contoh soal yang bisa kalian pelajari untuk persiapan menghadapi PPG Dalam Jabatan. Jika kalian ingin membaca soal lengkap dengan kunci jawabannya. Kalian bisa Download Contoh Soal PPG Dalam Jabatan melalui tautan yang ada dibawah ini

Download Contoh Soal PPG Dalam Jabatan