Search Intent , Arti dan Penjelasanya

Berita Warganet – Search Intent , Arti dan Penjelasanya. Sebagai seorang blogger, kata ” Search Intent ” seringlah terdengar. Tapi untuk sebagian blogger banyak yang belum memahami apa itu search intent. Berikut BW akan rangkum dari berbagai sumber penjelasan terkait ” Search Intent “.

Pengertian Search Intent

Bebrapa web besar, mendefinisan arti dari Search Intent. Definisi akan search intent sering kita jumpai pada beberapa website ternama seperti yoast, semrush, alexa dan lainya. Berikut arti search intent menurut pakar – pakar SEO di beberapa web ternama.

Apa itu Search Intent ?

Semrush dalam webnya menerangkan bahwa Search Intent adalah tujuan akhir dari orang yang menggunakan mesin pencari.

Sedangkan menurut Yoast definisi dari Search Intent adalah alasan mengapa orang melakukan pencarian tertentu.

Sedangkan Alexa dalam blognya mendefinisikan bahwa Search intent adalah alasan di balik permintaan pencari di mesin pencari. Ini mewakili tujuan yang coba dicapai oleh pencari.

Menurut Ahref (  Joshua Hardwick ) menjelaskan  bahwa Search Intent adalah alasan di balik permintaan pencarian. Dalam keterangannya dia melogikakan, mengapa orang tersebut melakukan pencarian tertentu? Apakah mereka ingin mempelajari sesuatu? Apakah mereka ingin melakukan pembelian? Atau, apakah mereka mencari situs web tertentu? dari jawaban pertanyan tersebut kita bisa sedikit tau tentang search intent.

Karena pada dasarnya Tujuan dari Google adalah memberikan hasil yang paling relevan kepada pengguna mereka untuk kueri yang mereka cari.

Kesimpulan Definisi Search Intent

Masih banyak lagi peenjelasan tentang search intent, tapi dari penjelasan diatas kita bisa simpulan bahwa Search Intent adalah Suatu hal yang benar – benar di cari seseorang melalui mesin pencari.

Baca Juga :  Cara Membuat Halaman Kontak di Blogger dengan VioMagz

Dari situ, Google terus mengupdate Algoritmanya untuk benar – benar bisa memahami keinginan para pengguanya. Dan menyuguhkan sesuatu yang paling relevan dari permintaan pengunanya.

Jadi jika kita menuliskan sesuatu di serach engine milik google dengan kata ” Buah Mengkudu ” maka google akan suguhkan situs dengan berbagai ulasan tentang Google mengkudu, diawali dari iklan terkait Buah mengkudu, market place, dan web organik dibawahnya.

Pada dasarnya Search Intent sendiri dikelompokan menjadi 4 Tipe, yaitu Informational ( mengetahui seputar informasi ), Navigational ( pencarian ke brand atau web tertentu ), Investigational ( Ulasan atau perbandingan harga ) dan Transactional ( Pembelian ).

Ke 4 tipe ini memiliki ciri masing – masing. Orang kebanyakan menggunakan 4 tipe ini dalam melakukan pencarian di internet. Misal untuk Informational, orang akan menggunakan kata – kata sebagai berikut saat mengetikan di Search Google ( apa, siapa, dimana, kapan, mengapa, kenapa, bagaimana, panduan, tutorial, belajar, contoh, cara, tips ).

Misal seseorang yang akan mencari informasi seputar Alamat dia akan menggunakan kata tanya ” Dimana “. Dimana Kantor JNE di Semarang ? .

Dari sini google akan mencarikan, situs mana yang paling relevan dengan pencarian penggunanya.

maka akan disuguhkan beberapa situs yang berisi informasi terkait lokasi tersebut.

Itulah sedikit ulasan terkait Search Intent , Arti dan Penjelasanya.