6 Tips Menghemat Kartrid Tinta Printer, Ini yang harus dilakukan!

6 Tips Menghemat Kartrid Tinta Printer Anda – Anda mungkin hanya membeli printer satu kali saja, namun berbeda dengan printer, Anda perlu membeli kartrid tinta printer secara teratur, Hal inilah yang membuat Anda mengeluarkan biaya operasional yang diperlukan untuk printer lengkap dengan pemeliharaan agar selalu berada dalam kondisi yang tepat.

Dan setiap perintah ‘print’, betapapun kecilnya anda mencetak tulisan atau gambar, akan membuat printer Anda menggunakan tinta. Namun, dengan beberapa tips sederhana saja sebenarnya dapat membuat Anda menghemat cukup banyak tinta dan katrid printer dapat digunakan untuk jangka waktu yang lebih lama dari biasanya. Apa saja tips dalam menghemat katrid tinta printer? Simak tipsnya berikut ini!

Mencetak dokumen hanya pada saat diperlukan

Tips Menghemat Kartrid Tinta Printer yang pertama dimulai dengan menghemat. Sadar tidak sadar, Anda sering mencetak dokumen atau halaman yang tidak diperlukan. Hal ini tentunya membuang-buang tinta yang berharga pada prosesnya. Contoh nyata misalnya, Ketika Anda  perlu mencetak hanya sebagian kecil dari sebuah halamam dan bukan keseluruhan halaman, alih-alih mencetak bagian tertentu saja, Anda malah mencetak seluruh halaman, lengkap dengan grafiknya. Oleh karenanya, Sebelum mencetak tentukan secara spesifik apa yang ingin Anda cetak pada bagian itu.

Baca juga : 3 Tips Memilih Kartrid Tinta Untuk Printer, Lakukan Sebelum Membeli!

Dokumen dalam bentuk teks akan mengkonsumsi lebih sedikit tinta jika dibandingkan dengan dokumen yang berisi grafik atau gambar. Jika informasi tekstual adalah semua yang Anda butuhkan, maka Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak mencetak grafik dan gambar. Jika ini adalah halaman web yang perlu Anda simpan dalam bentuk tercetak, periksa versi cetaknya. Jika tidak ada versi cetak, Anda dapat menyalin dan menempelkan teks di dokumen Word sebelum mencetaknya. Anda juga dapat mencoba melakukan pemeriksaan kembali dokumen yang Anda cetak sebelum menekan tombol cetak.

Baca Juga :  Mengenal Perangkat Keras Proses pada Komputer

Lihat pratinjau cetak cepat

Sebagian besar printer bermerek seperti HP, Canon, Dell, Epson atau printer lain dilengkapi dengan driver printer yang memiliki fungsi pratinjau cetak yang sangat berguna. Dengan menggunakan fungsi ini, Anda dapat melihat pratinjau cetak sebelum salinan tersebut Anda cetak.  Fungsi ini sangat berguna ketika Anda langsung mengambil dokumen atau informasi yang diperlukan dari Internet. Terkadang, apa yang Anda lihat pada website akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan versi cetak.Dengan menggunakann Pratinjau cepat, akan dapat membantu mendapatkan cetakan dokumen yang sesuai dengan keinginan Anda.

Pastikan daya dimatikan

Sama seperti alat elektornik lainnya Anda juga harus mematikannya dengan benar. Ini adalah aturan yang sama dan juga berlaku untuk printer Anda. Jika Anda tidak mematikan pencetak dengan benar, kepala cetak akan terpapar udara secara langsung. Hal ini akan menyebabkan tinta pada nosel mongering dengan cepat. Dan cepat atau lambat hal ini dapat mempengaruhi buruknya kualitas pencetakan printer Anda. Biasakan untuk memeriksa posisi kepala cetak sebelum memutus aliran listrik yang tersambung

Gunakan Software Penghemat Tinta

Ada berbagai pilihan perangkat lunak penghemat tinta yang tersedia online. Aplikasi perangkat lunak ini dirancang untuk mengurangi konsumsi tinta printer Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan salinan cetakan berkualitas baik dengan konsumsi tinta yang lebih sedikit bahkan selama pencetakan resolusi tinggi.

Gunakan kartrid tinta printer dengan cerdas

Jika Anda tidak melakukan pencetakan secara teratur, jangan lupa untuk melakukan uji pencetakan kecil setidaknya sekali seminggu. Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari kartrid tinta mengering. Tindakan pencegahan kecil ini akan membantu Anda meningkatkan masa pakai kartrid printer Anda lebih lama.

Baca Juga :  10 WhatsApp MOD Terbaru 2021

Baca Juga : 6 Tips Menghemat Kartrid Tinta Printer, Ini yang harus dilakukan!

Jangan biarkan printer Anda terkena suhu ekstrim

Terlalu banyak variasi suhu ruangan tidak baik untuk kartrid tinta printer. Anda harus menghindari printer Anda dalam suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin karena kartrid dapat mengering. Untuk performa printer yang tahan lama, pastikan ruangan memiliki suhu normal dan stabil.

Dengan 6 Tips Menghemat Kartrid Tinta Printer ini, kartrid tinta printer Anda akan mendapatkan umur yang lebih lama. Memang sederhana namun hal ini akan sangat penting dan berguna bagi Anda. Walaupun Anda akan dengan sangat mudah untuk membeli kartrid tinta printer berkualitas baik, Anda juga harus ingat hal itu tidak akan jauh dari harga katrid yang juga “sangat baik” dan dapat menguras isi kantong Anda.