Tahapan perkembangan berjalan anak dari usia 0-5 tahun adalah sebagai berikut

Tahapan perkembangan berjalan anak dari usia 0-5 tahun adalah sebagai berikut

Tahapan perkembangan berjalan anak dari usia 0-5 tahun adalah sebagai berikut:

A. Berjingkat, berjalan merambat, berjalan mundur, berlari
B. Berjalan dituntun, berjalan cepat, berlari
C. Berjalan berpegangan, berjalan mundur, berjalan jinjit, meniti
D. Merangkak, berjalan mengikuti gerakan binatang, melompat, berlari
E. Berlari, berdiri, merangkak

Baca Juga :  Interaksi Manusia dan Komputer Melalui Suara (Audio) Adalah?

Jawaban:

C. Berjalan berpegangan, berjalan mundur, berjalan jinjit, meniti

Pembahasan

Motorik kasar adalah keterampilan yang melibatkan gerakan seluruh tubuh. Kegiatan yang membutuhkan otot inti seperti lengan dan kaki masuk dalam motorik kasar.

Kemampuan untuk duduk, berdiri, berjalan, hingga berlari membutuhkan keterampilan dari motorik kasar. Jika terus dilatih, anak bisa mengembangkan kemampuan tersebut seperti bersepeda hingga berenang.

Anak akan mengembangkan beragam kemampuan saat menggunakan motorik kasar. Keseimbangan, koordinasi, serta otak mereka akan bekerja dan berkembang dengan baik

Baca Juga :  Contoh Teks Pembawa Acara atau MC Malam Tasyakuran Menyambut HUT RI ke-77 17 Agustus 2022

Motorik kasar merupakan gerakan otot-otot besar. Yakni gerakan gerakan yang dihasilkan otot-otot besar seperti otot tungkai dan lengan yang biasannya dilakukan melalui gerakan menendang, menjejak, meraih, dan melempar.

Berikut ini adalah gerakan motorik kasar pada usia-usia tertentu.

(1) Usia 6-12 bulan :

Duduk tanpa dibantu, merangkak, bangkit dan berdiri tanpa bantuan, berjalan dengan di bantu/ dibimbing, meniru menggelindingkan bola.

(2) Usia 13-24 bulan/2 tahun:

Berjalan sendiri, berjalan mundur, menarik dan mendorong alat permainan, duduk sendiri, naik dan turun tangga dengan pertolongan, bergoyang-goyang mengikuti irama musik.

Baca Juga :  Penjelasan Kata Konkret dan Kalimat Perincian, Memahami Unsur Bahasa dalam Teks Deskripsi Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum Merdeka

(3) Usia 25-36 bulan/3 tahun :

Lari tanpa jatuh, lompat di tempat dengan kedua kaki jatuh bersamaan, berdiri dengan satu kaki, berjingkat di atas jari-jari kaki, menendang bola.

(4) Usia 36-48 bulan/4 tahun :

Lari menghindari hambatan/rintangan, berjalan di atas garis, meloncat dengan satu kaki, dapat berdiri dengan satu kaki dan berdiri dengan ujung jari kaki, mendorong, menarik, mengemudikan permainan beroda tiga, mengendarai sepeda roda tiga, melempar bola di atas kepala, menangkap bola yang dilemparkan kepadannya.

(5) Usia 49-60 bulan/5 tahun :

Berjalan mundur dengan tumit berjingkat/jinjit, lompat ke depan sepuluh kali tanpa terjatuh, naik turun tangga dengan kaki berganti-ganti(kanan-kiri).