Jenis-Jenis Layanan Internet

Berita Warganet – Jenis-Jenis Layanan internet. Jenis layanan internet setiap saat mengalami perkembangan.  Beberapa jenis layanan yang ada di internet, antara lain web, e-mail, chatting, BBS, USENET, Newsgroup, Telnet, Internet Telephony, dan Internet Fax.

World Wide Web (WWW)

World Wide Web (WWW) sering disebut web atau w3. Web merupakan sistem dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hyperteks. Web dibuat berdasarkan konsep hyperteks, yaitu beberapa kata atau kalimat yang dihubungkan dengan dokumen lain. Sehingga ketika kalian klik kata atau kalimat itu, maka akan muncul dokumen lain berupa penjelasan dari kata atau kalimat tersebut.

Konsep hyperteks ini kemudian dikembangkan menjadi hypermedia, yaitu suatu teks tidak hanya dikaitkan dengan teks suatu dokumen lain, tetapi juga dengan gambar, suara, video, animasi, dan multimedia lainnya.

Web merupakan salah satu aplikasi komputer yang paling banyak diminati. Web biasanya mencakup teks, gambar, suara, video, animasi, dan multimedia lainnya. Animasi merupakan gambar bergerak dengan skenario tertentu yang berfungsi untuk memvisualisasikan suatu pesan.

Electronic Mail (E-mail)

E-mail merupakan jenis layanan internet untuk mengirimkan surat dengan media elektronik. Kalian biasanya mengirimkan surat biasa melalui kantor pos dengan menggunakan prangko, maka e-mail (surat elektronik) ini tidak memerlukan kertas, prangko, tetapi bisa langsung diterima oleh orang yang dimaksud. Kalian juga dapat menyertakan lampiran (attachment) teks atau gambar berupa file. Jika kalian menjadi anggota dari salah satu grup diskusi (mailinglist), maka kalian akan mendapat kiriman berita dan dapat saling berhubungan satu sama lain.

Baca Juga :  Patch Terbaru PUBG Mobile, Peta Miramar Baru dan Parasut Darurat

Internet Relay Chat (Chatting)

Internet Relay Chat (IRC) sering disebut chatting. Chatting merupakan fasilitas untuk komunikasi langsung dengan menggunakan keyboard. Layanan internet ini dapat membuat pengguna internet di suatu tempat berkomunikasi dengan pengguna di tempat lain. Kalian dapat berkomunikasi dengan siapa pun yang menggunakan layanan ini dalam waktu yang sama. Komunikasi ditampilkan di monitor berupa teks, setiap saat kalian dapat bergabung dengan orang yang sedang berkomunikasi sesuai dengan tema yang kalian minati.

Kini aplikasi ini terus dikembangkan hingga tercipta voice chat, yaitu dengan menambahkan sound card termasuk VoIP blaster untuk mengompres suara sehingga kualitasnya dapat stabil. Salah satu program yang cukup terkenal untuk melakukan chatting adalah mIRC.

Bulletin Board Service (BBS)

Layanan ini menyediakan informasi dari berbagai bidang mulai dari pendidikan, ekonomi, sosial budaya, ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya. BBS ini menggunakan jaringan telepon sebagai medianya.

Di samping informasi yang lengkap, pemakai juga dapat berdiskusi untuk memecahkan masalah mengenai topik tertentu. Dalam memanfaatkan informasi, para pemakai biasanya ingin membaca lebih tenang atau ingin mengoleksi sendiri berita-berita tertentu di komputer pribadinya. Untuk kebutuhan itu, BBS memberikan layanan download atau upload berita atau file.

Baca Juga :  Rekomendasi Laptop Terbaik untuk Pelajar di Purwokerto dan Harganya

USENET

USENET merupakan jenis layanan lain di internet yang merupakan BBS berbasis pesan yang sangat besar, serta memberikan kesempatan kepada pemakai untuk berdiskusi. Sudah banyak pemakai internet yang berdiskusi memanfaatkan fasilitas ini, sesuai permasalahan yang dihadapi masing-masing.

Newsgroup

USENET dibagi menjadi beberapa Newsgroup berdasarkan judul diskusi yang dilakukan. Newsgroup merupakan sarana konferensi elektronik jarak jauh, dapat diumpamakan seperti papan komunikasi. Siapa pun dapat membaca, memberikan komentar, dan memberikan informasi yang akan terbaca oleh siapa pun pengguna Newsgroup.

File Transfer Protokol (FTP)

FTP merupakan salah satu fasilitas yang ada di internet yang memungkinkan para pengguna komputer dapat menyalin atau memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain yang terhubung dengan internet. FTP digunakan untuk saling bertukar informasi dan data berupa file secara mudah dan murah. Kalian dapat menyalin (men-download) data dan informasi berupa file teks, gambar, suara, dan lain-lain.

Tentu kalian sudah memahami bahwa server komputer yang menyediakan data dan informasi yang dapat di-download cukup banyak sehingga kalian harus mengetahui alamat situsnya. Server komputer yang dapat dihubungi ada dua jenis, yaitu Anonymous FTP dan Private FTP. Anonymous FTP merupakan server komputer yang terbuka untuk umum dan dapat diakses oleh semua pengguna internet. Kalian dapat mengakses server ini dan men-download file-file secara gratis. Sedangkan Private FTP merupakan server komputer yang hanya dapat diakses oleh mereka yang sudah mendaftar menjadi anggota server tersebut. Sehingga para anggota ini sudah mendapatkan user name dan password untuk mengakses server tersebut.

Baca Juga :  Review Asus Zenfone 7 Pro

Telnet

Telnet memberikan layanan agar kita dapat terhubung dengan komputer lain seolah-olah kita langsung men-dial komputer tersebut. Tidak seperti FTP yang hanya mengizinkan pemakai untuk menyalin file dari dan ke server. Sehingga fasilitas ini memberikan keunggulan lain kepada para pemakai internet.

Internet Telephony

Internet Telephony memberikan layanan agar kita dapat berbicara langsung melalui internet, seperti layaknya telepon biasa. Hanya komputer yang dilengkapi perangkat penerima yang dapat menggunakan fasilitas ini. Fasilitas ini masih sedikit penggunanya karena berkaitan dengan penambahan biaya yang tidak sedikit.

Internet Fax

Internet dapat juga digunakan untuk mengirim faksimile. Aplikasi ini mudah digunakan dan biaya yang digunakan adalah biaya telepon lokal.

Baca Juga :